Rabu, 20 November 2013 08:06 WIB

Aljazair & Ghana Pastikan Tiket Ke Piala Dunia Brasil 2014

 Aljazair & Ghana Pastikan Tiket ke Piala Dunia Brasil 2014
Madjid Bougherra

Aljazair menjadi kontestan asal Afrika terakhir yang berhasil memastikan tiket ke putaran final Piala Dunia 2014. Tiket itu diraih setelah Aljazair menundukkan Burkina Faso 1-0, Rabu (20/11) dini hari WIB. Setelah kalah 2-3 dari Burkina Faso di leg pertama, Aljazair tampil penuh percaya diri pada leg kedua yang dihelat di Stadion Stade Mustapha Tchaker.

Hasilnya, tuan rumah menang 1-0 lewat gol Madjid Bougherra. Berdasarkan agregat, kedua tim sebetulnya bermain imbang 3-3. Namun, Aljazair unggul gol tandang. Mereka mencetak dua gol di Ouagadougou, namun Burkina Faso gagal mencetak gol di Blida.

Dengan demikian, Afrika telah menempatkan lima wakilnya di Piala Dunia 2014. Mereka adalah Nigeria, Pantai Gading, Kamerun, Ghana, dan terakhir Aljazair. Keikutsertaan Aljazair di Piala Dunia tahun depan menjadi kali keempat mereka tampil di ajang empat tahunan tersebut. Sebelumnya, mereka juga pernah tampil pada 1982, 1986, dan 2010.

Di tempat lain, Mesir memang berhasil membalas sakit hati usai dikalahkan Ghana 1-6, Si Bintang Hitam (Black Star), di leg pertama Kualifikasi Piala Dunia 2014 zona Afrika, di Kumasi, bulan lalu. Kemenangan 2-1, Rabu (20/11) memang melegakan namun tak cukup membawa Mesir ke Brasil.

Dua gol cantik Amr Zaki dan Mohamed Gedo tak bisa membawa Mesir ke Brasil sebab Ghana menang dengan agregat 7-3. Usaha the Pharaoh, sebutan untuk Mesir, berhasil ditahan laskar Black Stars. Bahkan, Kevin-Prince Boateng bisa menjebol pertahanan Pharaoh lewat gol di menit ke-89. Usaha mencetak gol sebanyak-banyak dilakukan Mesir. Tendangan Mohamed Abou-Treika meleset dari gawang Ghana. Juga dengan tendangan Mahmoud Kahraba yang bisa dihalau dengan baik oleh kiper Ghana, Fatau Dauda. Usaha keras itu membuahkan hasil oleh antisipasi yang bagus dari Zaki memanfaatkan tendangan bebas Abou-Treika.

Zaki nyaris menambah gol pada menit ke-35, namun bisa ditip Dauda. Di pengujung akhir babak pertama, tendangan Mohamed Salah kembali bisa diamankan Dauda dengan menangkapnya. Babak kedua, sebuah tendangan voli Abou-Treika kembali nyaris menciptakan gol. 15 menit kemudian, cop Salah nyaris masuk namun masih ada Michael Essien yang menyelamatkan. Striker Hull, Gedo, mencetak gol kedua the Pharaoh pada menit ke-84.

Namun, di sisa waktu, Mesir justru harus menerima kenyataan saat Boateng bisa mencetak satu gol penting di pengujung laga. Pada laga lain di zona Afrika, Aljazair mencetak kemenangan 1-0 atas Burkina Faso dan memberi tiket ke Brasil.

Pencetak Gol : 

Mesir: Amr Zaki (25'), Mohamed Gedo (83') Ghana: Kevin-Prince Boateng (89')

bolanews.com

Sat

Aljazair | & | Ghana | Pastikan |

Copyright @2015