Minggu, 11 Mei 2014 07:26 WIB

8 Makanan Yang Tak Boleh Disimpan Di Kulkas

  8 Makanan yang Tak Boleh Disimpan di Kulkas

Ketika datang perdebatan tentang penyimpanan makanan, kebanyakan orang akan berdebat dengan argumen mereka masing-masing. Banyak orang memperlakukan lemari pendingin seperti kotak penyimpanan semua barang, mulai dari obat-obatan hingga beragam makanan sisa.

Namun, bagaimana menyimpan makanan yang benar dalam lemari pendingin. Bagaimana menyimpan roti yang benar? Apakah di freezer atau di lemari pendingin, atau justru di kotak khusus roti? Haruskah tomat disimpan di lemari pendingin?  Hal ini akan berbeda jawaban antara satu dan yang lainnya. Beberapa makanan bisa kehilangan rasa bila disimpan di lemari pendingin.

Berikut beberapa makanan yang seharusnya disimpan di luar lemari pendingin, dilansir Huffington Post:

Tomat
Tomat akan kehilangan rasa jika disimpan dalam kulkas, hal ini karena udara dingin yang ada di kulkas akan menghentikan proses pematangan. Padahal, pematangan ini yang memberikan rasa pada tomat. Selain itu, kulkas mengubah tekstur tomat. Menurut Harold McGee dalam “On Food and Cooking,” temperatur dingin merusak membran di dalam dinding buah, dan mengubahnya menjadi bertepung.

Daun kemangi
Daun kemangi akan lebih cepat layu jika disimpan di dalam kulkas, dan daun ini juga akan menyerap semua bau makanan yang ada di sekitarnya. Akan lebih baik jika menyimpannya di luar dengan segelas air, seperti memotong bunga. Martha Steward merekomendasikan untuk melakukan blanching jika ingin menyimpan daun kemangi dalam waktu lama.

Kentang
Menyimpan kentang dalam suhu dingin akan mengubah zat tepung di dalam kentang menjadi gula lebih cepat, hal ini membuat kentang dengan rasa manis dan berpasir, dan bisa menyebabkan Anda lebih gemuk. Akan lebih baik menyimpan kentang dalam kantong kertas di tempat yang sejuk. Kantong kertas ini jauh lebih baik daripada plastik, karena tempat ini memberikan ruang untuk bernapas dan membuat kentang lebih tahan lama. Martha Stewart menyarankan menyimpan kentang dalam suhu 45 derajat jika mungkin.

Bawang Bombay
Meletakkan bawang dalam kulkas hanya akan membuat bawang lebih lembut dan membusuk, karena kelembapan yang ada pada bawang itu sendiri. Simpan bawang di tempat yang sejuk dan kering. Letakkan bawang jauh dari kentang, karena jika disimpan bersama, keduanya akan lebih cepat membusuk.

Bawang putih
Bawang akan mulai bertunas jika disimpan dalam kulkas, dan bisa saja menjadi kenyal dan membusuk.

Roti
Kulkas hanya akan membuat roti cepat kering. Jika ingin menyimpan roti dalam beberapa hari, Anda bisa simpan di luar atau justru di freezer dengan dibungkus, jadi roti akan tetap lembut, dan biarkan mencair perlahan serta sempurna sebelum dimakan atau dipanggang.

Kopi
Menyimpan kopi dalam kulkas hanya akan membuat kopi kehilangan rasa dan menyerap aroma dari kulkas Anda. Simpan kopi di tempat sejuk, gelap, agar kopi tetap terjaga kesegaran dan rasanya.

Madu
Tidak ada gunanya menyimpan madu dalam kulkas. Madu akan tetap baik jika Anda menyimpannya dalam tutup yang rapat. Menyimpan madu dalam kulkas hanya akan membuat madu mengkristal.

viva.co.id

Sat

8 | Makanan | yang | Tak |

Copyright @2015