Senin, 19 Mei 2014 19:37 WIB

Gubernur Tekankan Camat Proaktif Selesaikan Masalah Rakyat

 Gubernur Tekankan Camat Proaktif Selesaikan Masalah Rakyat

JAMBI(SR28) - Gubernur Jambi Drs.H.Hasan Basri Agus, MM menekankan para Camat untuk proaktif dalam menyelesaikan masalah di masyarakat. Pernyataan ini disampaikannya saat membuka Rakor Camat se-Provinsi  Jambi catur wulan I tahun 2014, Senin (19/5) bertempat di ruang pola kantor Gubernur.  Rakor yang mengangkat tema Mewujudkan Sinergitas dan Sinkronisasi Program Kegiatan Pembangunan yang dilaksanakan SKPD Provinsi dan Kabupaten/Kota Demi tercapainya Jambi Emas 2015 berlangsung selama satu hari dihadiri oleh para Staf Ahli Gubernur, Ketua Banwaslu Provinsi Jambi, Ketua KPU Provinsi Jambi,  Kepala SKPD lingkup Pemprov Jambi dan camat se-Provinsi Jambi. Rakor bertujuan untuk  mengkoordinasikan program pemerintah dalam pelaksanaan pemilu, Pelaksanaan Administrasi Terpadu Kecamatan dan Evaluasi pelaksanaan program Samisake  dalam mendukung Jambi Emas 2015.

Ditegaskan Gubernur bahwa para Camat memiliki peranan dalam mensukseskan program dan kebijakan dari pemerintah baik pusat  maupun provinsi. Ditekankan Gubernur bahwa semua Camat harus bekerja dengan tulus dan ikhlas terutama dalam menjalankan program untuk mensejahterahkan rakyat. “Saya minta para Camat untuk proaktif dalam menggali permasalahan yang ada di masyarakat, tanya langsung dan berkomunikasi dengan masyarakat tentang apa saja yang terjadi di masyarakat, kejadian apapun yang ada di masyarakat harus kita ketahui, lakukan komunikasi yang intens dengan pemuka agama, kaum ulama, dan masyarakat” tegas Gubernur.

Disampaikan Gubernur bahwa Camat harus kritis dan peka terhadap permasalahan yang terjadi di masyarakat. Dicontohkan Gubernur bahwa pada tahun 2014 ini pemerintah Provinsi memiliki program Jambi bebas pasung, dan ada Camat yang tidak mengetahui bahwa di daerahnya masih ada orang yang dipasung. “Di beberapa daerah atau kecamatan masih terdapat orang gila yang dipasung dan Camatnya sendiri tidak mengetahuinya, dan dijemput oleh pihak Provinsi” ujarnya.

Dilanjutkan Gubernur bahwa selain melakukan evaluasi terhadap kinerja dan program yang telah dilaksanakan Rakor ini juga akan membahas beberapa target yang harus diselesaikan yaitu diantaranya adalah presentasi rumah tangga yang mendapatkan air bersih, angka kematian ibu dan bayi, Angka Partisipasi Murni (APM), Gini Rasio kesenjangan antara yang kaya dan miskin, dan lahan tertutup pohon.

Gubernur menyatakan, rakor camat yang sudah terprogram kegiatannya pada biro pemerintahan mempunyai fungsi penting dalam memberi pemahaman tugas dan peran antar unsur dan elemen penyelenggaraan pemerintahan. “Sesuai tema rakor, dapat dipahami bahwa penyelenggaraan pemerintahan daerah harus mengikuti norma, standar, prosedur dan kriteria yang ditentukan pemerintah,” ujar HBA.

Terkait pelaksanaan dan pemilihan presiden 2014, Gubernur menyatakan Pemprov Jambi melalui instansi sesuai tugas dan fungsinya telah melakukan kegiatan sosialisasi ke masyarakat di seluruh kabupaten/kota. “Saya harapkan para Camat juga bekerja dalam mensukseskan Pemilu terus berkomunikasi dan berintegrasi dengan KPU dan Banwaslu juga pihak terkait lainnya, dan juga terus melakukan sosialisasi ke masyarakat untuk mensukseskan Pemilu” katanya.

Gubernur menegaskan, program pemerintah pusat tentang Pelaksanaan Administrasi Terpadu (PATEN) yang merupakan inovasi manajemen dalam rangka mendekatkan, mempermudah dan mempercepat pelayanan administrasi perizinan/non perizinan di tingkat kecamatan, terutama bagi kecamatan yang letaknya jauh dan sulit dijangkau karena faktor geografis dan infrastruktur.

PATEN juga merupakan sebuah tool untuk peningkatan dan optimalisasi pelayanan pada masyarakat. Dasar pelaksanaannya adalah sebagai inovasi manajemen pelayanan prima di kecamatan untuk terwujudnya konsep pendelegasian kewenangan bupati/walikota pada camat dengan jalan membagi dan mendelegasikan tugas pemerintahan secara adil dan bijaksana, baik terkait perizinan dan non perizinan yang akan dilaksanakan kecamatan.

Gubernur | Tekankan | Camat | Proaktif |

Copyright @2015