Sabtu, 19 Juli 2014 06:13 WIB

10 Group Metal Terbaik Asal Amerika Serikat

 10 Group Metal Terbaik Asal Amerika Serikat

Salah satu negara yang mampu membuat metal berkembang menjadi sebuah musik yang sekaligus di dukung oleh industrinya yang kuat adalah Amerika Serikat. Sudah nggak kehitung lagi, deh, berapa banyak band metal keren yang berasal dari Negeri Paman Sam ini.

Tentu saja diantaranya banyaknya band yang keren itu, ada band-band inti yang layak untuk dijadikan panutan dan idola. Siapa tau saja, dengan mengetahui band-band keren itu, kita juga bisa ketularan kayak mereka! Hehehe...

Memang nggak mudah untuk memilih 10 band metal asal Amerika Serikat yang paling berpengaruh. Bukan berarti pula band yang nggak disebut dalam 10 besar ini adalah band yang jelek, ini cuma soal pilihan yang berdasarkan jam terbang serta asam garam perjalanan karir band tersebut bagi industri metal di dunia, terlebih lagi di Amerika Serikat. Selain itu, kami juga memilih 10 band-band metal terbaik dari Negeri Paman Sam ini berdasarkan rilisan dari situs Loudwire.com.

Penasaran siapa saja 10 band metal terbaik dari Amerika Serikat? Ini dia daftarnya!

10. Lamb of God
Posisi 10 besar pertama ditempati oleh band asal Viriginia, yang sebelumnya menamakan diri mereka sebagai Burn The Priest. Yap, itulah nama yang digunakan oleh Chris Adler cs. sebelum berubah menjadi Lamb of God. Lamb of God layak masuk sebagai 10 band metal terbaik di Amerika Serikat tentu saja karena kiprah mereka yang cukup penting ketika memasuki era baru, di milenium awal tahun 2000. Album kedua mereka, New American Gospel  yang baru rilis di tahun 200 itu langsung menarik perhatian pecinta metal di seluruh dunia. Setelah itu Lamb of God menjadi langganan festival metal besar dunia, sebut saja mulai dari Ozzfest, Download Festival, Sonisphere Festival, Soundwave Festival, Mayhem Festival, sampai puncaknya mereka juga pernah diajak keliling dunia selama dua tahun oleh Metallica saat menjalankan tur World Magnetic Tour di tahun 2008 sampai 2010. Kalau sudah gini, apa masih kurang metal?

9. Death
Band ini adalah salah satu dedengkot death metal yang album perdananya sangat berpengaruh bagi perkembangan band sejenis mereka di seluruh dunia. Lewat album berjudul Scream Bloody Gore  yang dirilis pada tahun 1987, nama Death langsung meroket. Band asal Orlando, Florida, ini telah merilis tujuh album. Death didirikan oleh sang frontman, Chuck Schuldiner di tahun 1983, dan harus bubar di tahun 2001, setelah Chuck meninggal akibat kanker otak di penghujung 2001.

8. Slipknot
Mereka sering dianggap sebagai unit yang bertanggung jawab akan membesarnya pengaruh nu-metal di era 90 hingga awal 2000-an. Corey Taylor cs. dengan mudah menjadi band yang sangat ikonik dengan topeng yang menutupi wajah mereka. Berdiri sejak tahun 1995, Bans asal Iowa ini tercatat telah memiliki empat studio album. Sederetan penghargaan juga berhasil mereka raih. Momen terburuk Slipnkont terjadi ketika mereka diambang perpecahan, karena kebanyakan personilnya”ngebecak” dengan band side project di luar Slipknot. Walaupun begitu, pengaruh mereka nggak terbantakan dalam perkembangan metal di Amerika Serikat. Ketika sang basis, Paul Gray, meninggal di 2010, seluruh Amerika Serikat sangat berduka.

7.  Anthrax
Nggak perlu lagi dijembrengin sederetan alasan kenapa band ini pantas untuk masuk ke dalam daftar 10 band metal paling berpengaruh di Amerika Serikat, bahkan dunia. Mulai terbentuk sejak tahun 1981, Scott Ian dkk. Sampai sekarang masih terus aktif berkarya dan menjalani tur dunianya! Gokil! Anthrax sendiri telah merilis 10 album! Pergantian personil tentu saja pernah melanda band asal New York ini. Tapi, formasi saat ini bisa dibilang adalah skuad terbaik Anthrax. Scott Ian  (Gitar), Charlie Benante (Drum), Frank Bello (Bas), Joey Belladonna (Vokal) dan Jonathan Donais (Gitar).

 6. Tool
Merasa nggak famliar dengan nama band ini? Sama, kami juga! Hahahaha! Nggak, deh, bercanda. Wah, kalau belum pernah dengar nama band yang satu ini, maka kalian beruntung sekarang bisa berkenalan sama band asal Los Angeles ini. Tool terbentuk sejak tahun 1990, dan masih aktif sampai sekarang, lho! Saat ini, mereka digawangi oleh  Danny Carey (drum), Adam Jones (gitar), Maynard James Keenan (vokal), dan  Justin Chancellor  (bas), dan sudah merilis empat album. Seperti apa musik mereka? Unik! Tool sukses memberikan warna baru dalam metal di Amerika Serikat.

5. System of a Down
Nama mereka besar di era 2000-an, walaupun sebenarnya mereka telah lama terbentuk sejak tahun 1994. Perjalanan karir band yang juga kerap disebut SOAD ini memang cukup unik. Mereka adalah band yang para personilnya berdarah Armenia, Amerika Serikat, dan Lebanon, dan membentuk SOAD di California. Album yang melambungkan nama mereka di kancah metal dunia berjudul Toxicity, yang dirilis di tahun 2001. Sempat memutuskan hiatus di tahun 2006, akhirnya empat sekawan ini kembali membangkitkan SOAD di tahun 2010 dan masih aktif hingga sekarang.

4. Megadeth
Kalau ngomongin soal balas dendam, Megadeth adalah band yang terbentuk dari tumpukan dendam sang frontman, Dave Mustaine. Band ini terbentuk di tahun 1983, nggak lama setelah Mustaine didepak dari Metallica. Yap, Mustaine mengawali karirnya sebagai gitaris Metallica, ia bergabung dengan James Hetfield di tahun 1982, dan didepak satu tahun kemudian. Sakit hati, akhirnya Mustaine membuat Megadeth untuk ngalahin Metallica. Persaingan keduanya berlangsung, tapi untungnya nggak sampai adu otot, ya beberapa kali saling ngotot aja, hehe... Megadeth diakui sebagai empat band metal paling berpengaruh di dunia, yang disebut Big Four bersama Metallica, Slayer, Anthrax.

3. Pantera
Tragis adalah satu kata yang tepat untuk menggambarkan secara keseluruhan perjalanan karir Pantera. Band metal dengan ciri khas nuansa southern yang kental ini harus bubar jalan di tahun 2003.  Setelah Pantera bubar, sang gitaris, Dimebag Derrel, tewas di atas panggung, setelah sebuah timah panas menyasar dirinya yang sedang manggung bersama band barunya yang bernama Damageplan. Tewasnya Dimebag membuat band ini nggak mungkin bisa bersatu kembali dengan formasi utuh. Tapi, sumbangan Pantera untuk perkembangan metal dunia terus dikenang sampai saat ini. Lagu-lagu mereka kerap dibawakan oleh band-band metal saat ini, salah satunya Avenged Sevenfold.

2. Slayer
Nggak salah kalau band yang namanya sama dengan salah satu jenis Ikan Cupang ini masuk ke dalam Big Four bersama Metallica, Megadeth, dan Anthrax. Sejak tahun 1981 sampai sekarang, mereka masih terus berkarya tanpa sedikitpun menurunkan tensi musiknya. Tetap metal! Sampai saat ini, Slayer telah menciptakan 10 album, dan rencananya album terbaru mereka akan segara rilis di tahun depan. Tom Araya (Bas/Vokal), Kerry King (Gitar), Paul Bostaph (Drum), dan Gary Holt (Gitar) adalah punggawa Slayer yang masih terus bertahan hingga saat ini.

1. Metallica
Ada masalah kalau Metallica jadi band pertama yang paling berpengaruh dalam musik metal? Ada yang berani membantah? Kok, sewot? Santai! Hehehe... Ya, mau gimana lagi, dong, data dan fakta yang ada, menjadikan mereka sebagai band yang memang sangat berpengaruh dalam perkembangan musik metal dunia, nggak cuma di Amerika. Terbentuk sejak tahun 1981, sembilan album, dan puluhan penghargaan yang mereka raih telah jadi bukti sahih kesaktian mereka. Bahkan, di tahun 2013 lalu kita di Indonesia juga masih bisa menyaksikan aksi Papa Het cs. di Gelora Bung Karno Senayan. Nggak perlu banyak alasan lagi, kan, kalau Metallica masih menjadi band metal paling keren saat ini?

hai-online.com

Sat

10 | Group | Metal | Terbaik |

Copyright @2015