Rabu, 10 September 2014 19:49 WIB

Wabup Katamso Sambut Kunker Danrem 042/Garuda Putih

 Wabup Katamso Sambut Kunker Danrem 042/Garuda Putih

KUALATUNGKAL(SR28) - Danrem 042/Gapu Kol. Inf. Harianto bersama rombongan dan istri didampingi Dandim 0419 Tanjab Letkol.Inf. Freddino J Silalahi, melakukan silaturrahmi dengan jajaran Pemkab Tanjung Jabung Barat. Kedatangan Danrem beserta rombongan disambut oleh Wakil Bupati Katamso, SE, ME, Sekretaris Daerah Drs. H. Muklis, M.Si, Ketua DPRD sementara sera pejabat dan kepala SKPD di lingkup Pemkab Tanjung Jabung Barat. Turut hadir pula tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, dan tokoh pemuda, Senin (08/09) di Rumah Dinas Bupati Tanjung Jabung Barat.

Wabup Katamso Sa.SE.ME dalam sambutannya mengucapkan,” Selamat datang kepada Danrem 042/Gapu beserta rombongan di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, "Bumi Serengkuh Dayung Serentak Ke Tujuan. Merupakan suatu kebanggan bagi kami menerima kunjungan resmi Bapak Danrem beserta rombongan hari ini. Bahkan kami sudah menantikan kunjungan ini sejak dilantiknya Bapak empat bulan lalu.”

Di kesempatan itu juga Wabup Katamso, menyampaikan, ”Saya haturkan permohonan maaf dan salam dari Bupati H Usman Ermulan yang pada saat ini tidak dapat hadir bersama di sini, karena beliau sedang dalam pemulihan kesehatan.” 

Dalam kesempatan tersebut Wabup memaparkan keadaan Kabupaten Tanjung Jabung Barat. 

“Tanjab Barat merupakan salah satu dari 11 kabupaten/kota di Provinsi Jambi, yang terletak di gerbang timur Provinsi Jambi. Terdiri dari 13 kecamatan, dan berbatasan dengan Kabupaten Tebo, Batanghari, dan Provinsi Riau. Jumlah penduduk 312 ribu jiwa dengan latar belakang yang sangat beragam. Suku Melayu, Jawa, Banjar, Minang, dan lain-lain, namun Alhamdulillah, kami hidup berdampingan dan tidak ada yang namanya konflik sosial dan etnis terjadi di sini," jelasnya.

“ Dari sisi pertumbuhan ekonomi yang cukup stabil 7,5 persen yang ditopang oleh sektor pertanian dimana hampir 67 persen masyarakatnya bekerja di sektor ini, kemudian sektor industri pengolahan, kemudian diikuti pertambangan dan galian. Selanjutnya RAPBD Tanjab Barat tahun 2014 senilai lebih dari Rp 1,48 trilyun yang merupakan APBD tertinggi di seluruh kabupaten/ kota se- Provinsi Jambi," tambahnya.

“ Tingginya pertumbuhan ekonomi dan ditopang dengan APBD yang tinggi tentu tidaklah berarti jika tidak ditopang stabilitas keamanan yang baik karena luasnya pula kabupaten ini, apalagi Tanjabbar mempunyai banyak perusahaan vital yang besar. Saat ini kami memiliki 2 Koramil yang bersama-sama pihak kepolisian menegakkan keamanan dan ketertiban,” lanjutnya.

Wabup juga menjelaskan,” Khusus untuk Koramil masih terasa kurang yang bertanggung jawab untuk pengamanan di 13 kecamatan kami. Baru ada dua Koramil, satu di Tungkal Ulu dan satu di Tungkal Ilir. Dalam kesempatan ini jika memungkinkan melalui Bapak Danrem kiranya dapat mempertimbangkan penambahan Koramil di wilayah kami. Dan tentunya juga, Pemda akan membantu sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Kami yakin dan percaya dengan penambahan Koramil dan dengan kemanunggalan TNI dan masyarakat serta kekompakan TNI & POLRI, stabilitas pembangunan akan tercipta dengan baik di Bumi Serengkuh Dayung Serentak Ke Tujuan ini." 

“ Melalui kesempatan ini kami juga menyampaikan bahwa TNI di Tanjab Barat sangat berperan banyak dalam membantu program pembangunan Pemda, termasuk melalui program TMMD, Bhakti Sosial, TNI meretas jalan yang aksesnya sulit dilalui, maupun program-program lain. Mengenai konflik yang terjadi di sini sebagaimana di daerah lain dan masyarakat sangat berterima kasih atas keberhasilan tersebut. Kerjasama ini ke depan tetap kita dorong," imbuhnya.

Sementara itu, Danrem 042/Gapu Kol. Inf. Harianto, menyampaikan ucapan terimakasih kepada jajaran Pemda Tanjung Jabung Barat. 

”Saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Bupati dan Wakil Bupati beserta jajaran dan masyarakat Kabupaten Tanjung Jabung Barat atas penyambutan yang demikian hangat kepada kami dan rombongan di Kabupaten Tanjung Jabung Barat ini. Ini merupakan silaturrahmi kami yang ketiga selama bertugas di Danrem 042/Gapu Jambi,” kata Danrem.

“ Pada kesempatan ini, saya juga mengucapkan terima kasih atas keadaan yang kondusif di Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Tentu itu merupakan modal pembangunan di sini. Berdasarkan UU 34 Tahun 2004 tentang TNI, salah satunya disebutkan bahwa dalam tubuh TNI ada istilah operasi militer selain perang, yaitu membantu pemerintah daerah, membantu penanganan bencana, dan lain-lain. Dalam hal ini tentunya ada peluang yang dapat dimanfaatkan oleh Pemda bersama TNI untuk meningkatkan pembangunan di Kabupaten Tanjung Jabung Barat,” tukasnya.

Usai temu ramah-tamah di Rumah Dinas Bupati, Danrem beserta rombongan langsung melanjutkan lawatannya meninjau ke Makodim 0419/Tanjab yang terletak di Jalan Beringin Kuala Tungkal untuk melakukan serangkian kegiatan intern.(

 

Sab/Sat

Wabup | Katamso | Sambut | Kunker |

Copyright @2015