Minggu, 30 November 2014 10:12 WIB

Hj. Yusniana HBA Raih Penghargaan Perikanan Tingkat Nasional

 Hj. Yusniana HBA Raih Penghargaan Perikanan Tingkat Nasional

JAKARTA(SR28) - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Jambi yang juga Ketua Umum Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Provinsi Jambi, Hj.Yusniana Hasan Basri Agus (HBA) meraih penghargaan perikanan tingkat nasional, yakni “Penghargaan Kampanye Peningkatan Komsumsi Ikan.” Penghargaan tersebut dianugerahkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia dalam Puncak Peringatan Hari Ikan Nasional (Harkannas) ke-1, bertempat di Parkir Timur Senayan, Jakarta, Minggu (30/11) siang.

Penghargaan ini dianugerahkan kepada Yusniana atas peran besarnya dalam mengkampanyekan peningkatan konsumsi ikan dengan Gerakan Makan Ikan (Gemar Ikan) di Provinsi Jambi dan keaktifannya dalam membentuk pengurus Forikan kabupaten/kota se Provinsi Jambi, dengan berbagai program dan kegiatan yang dilakukannya.
Untuk diketahui, Hj.Yusniana HBA merupakan satu-satunya istri gubernur seluruh provinsi di Indonesia yang meraih penghargaan Forikan ini.

Para penerima penghargaan dalam puncak Harkannas ke-1 ini adalah, untuk Kategori Kampanye Peningkatan Konsumsi Ikan : 1.Ketua Umum Forikan Provinsi Jambi, Hj.Yusniana Hasan Basri, 2.Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Banyuwangi, Pujo Harianto, 3.Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Agam, Vita Indra Chatri, 4.Tokoh Jasa Boga Indonesia, Sulastiasmi Supardan, dan 5.Rudi Choirudin, cheff ahli masak berbagai menu serba ikan,

Untuk Kategori Penyebarluasan Informasi Manfaat Ikan Melalui Mobil Ati (Alih Teknologi Ikan): 1.Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Banyuwangi, Pujo Harianto dan 2.Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Agam, Vita Indra Chatri, kembali meraih penghargaan.

Selain itu, untuk Kategori Pelaku Pasar Ikan, M. Nawir, supplier ikan bandeng dari Gresik dan Dewi Motik Pramono sebagai mitra peningkatan konsumsi ikan.
Penghargaan-penghargaan tersebut diserahkan oleh Dirjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan (P2HP) Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, Ir.Saut P.Hutagalung, M.Si
Kepada para wartawan yang mewawancarainya, Yusniana mengucapkan terimakasih kepada Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia atas penghargaan yang diberikan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan RI. Yusniana berharap agar capaian ini tidak hanya dipertahankan namun ditingkatkan.

Yusniana juga mengharapkan kabupaten/kota se-Provinsi Jambi meningkatkan kampanye konsumsi makan ikan dengan leading sector Dinas Kelautan dan Perikanan. Yusniana mengatakan, pengurus Forikan Provinsi Jambi telah melakukan pengukuhan pengurus Forikan di kabupaten/kota serta melakukan kegiatan kampanye untuk meningkatkan konsumsi ikan sampai anak-anak sekolah.

Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Susi Pujiastuti, dalam sambutannya menyatakan, even ini diadakan untuk mengingatkan kembali, membangunkan kenbali bahwa 2/3 dari wilayah Indonesia adalah laut, dengan laut yang kaya ikan dan sumber daya laut lainnya.

Susi Pujiastuti mengatakan, ikan merupakan sumber protein besar meningkatkan kesehatan fisik dan kecerdasan IQ, dan penggalakan makan ikan adalah untuk membuat manusia Indonesia lebih sehat dan lebih pandai untuk bersaing di asia dan internasional.
Dikatakan oleh Susi Pujiastuti, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP),  mencanangkan sustainability (kesinambungan) perikanan Indonesia sebagai sumber protein yang tinggi.
Susi Pujiastuti mengemukakan, KKP memoratorium untuk menata kembali sumber daya laut agar lebih lestari. “Kalau tidak, 10 tahun lagi, ikan kita akan habis,” sebut Susi Pujiastuti.
Untuk itu, lanjut Susi Pujiastuti, budidaya digalakkan dengan tetap memelihara kelestarian lingkungan.

“Ikan di laut tidak kita beri makan, ikan di laut tidak kita rawat. Ikan di laut merupakan anugerah Tuhan, namun lingkungan harus dilestarikan. Perangi illegal fishing. Kita sama-sama perangi illegal fishing, no more illegal fishing, no more unreported fishing (tidak ada lagi pengambilan ikan illegal, tidak ada lagi pengambilan ikan yang tidak dilaporkan),” tegas Susi Pujiastuti.

Pada kesempatan tersebut, Susi Pujiastuti memberikan secara simbolis bibit ikan lele Sangkuriang kepada perwakilan 16 lembaga sosial penerima bantuan perikanan. Berikutnya, Susi Pujiastuti menerima secara simbolis buku road map (peta jalan) Peningkatan Konsumsi Ikan untuk IQ dari Rektor Inatitut Pertanian Bogor (IPB).

Selanjutnya, Menteri Kelautan dan Perikanan ini meninjau stan-stan Harkannas ke-1, yang diikuti oelh berbagai instansi, baik instansi pemerintah maupun instansi swasta, yang kemudian dilanjutkan dengan memotong tumpeng ikan raksasa setinggi 4 meter, sekaligus meresmikan Hari Ikan Nasional ke-1.

Indonesia menorehkan rekor internasional dengan 250 Pepes Ikan Asli Bumbu Nusantara  dan pemelihara ikan cupang paling besar di kampus. Rektor IPB, Herry Suhardiyanto, dalam sambutannya mengemukakan, pembangunan sektor perikanan merupakan bagian dari upaya pemerataan pembangunan nasional, sesuai dengan potensi perikanan Indonesia.
Herry Suhardiyanto mengapresiasi berbagai terobosan yang dilakukan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan RI untuk menggaungkan dan memaksimalkan perikanan dan kelautan Indonesia, serta siap mendukung segala terobosan kelautan dan perikanan dalam membangun sistem ketahanan pangan nasional, yang diharapkan turut meningkatan kecerdasan masyarakat Indonesia.
 
Ketua Panitia yang juga Ketua Himpunan Alumni IPB, Bambang Hendriyono, dalam laporannya menyampaikan, tema Harkannas ke-1 ini adalah “Ikan Sumber Ketahanan Pangan dan Gizi Nasional.” Bambang Hendriyono menyatakan, kampanye peningkatan makan ikan telah dan akan dilakukan secara massif dengan road map (peta jalan) yang telah dirancang sedemikian rupa, dengan tujuan untuk meningkatkan kesehatan dan kecerdasan masyarakat. Persembahan lagu Mars Perikanan dari Sekolah Tinggi Perikanan dan Tari Ayodia dari Dinas Pariwisata DKI turut memeriahkan Puncak Peringatan Harkannas ke-1 tersebut.

Hj. | Yusniana | HBA | Raih |

Copyright @2015