Sabtu, 17 Januari 2015 17:36 WIB

Wah, Ilmuwan Indikasikan 2 Planet Baru Di Belakang Pluto

 Wah, Ilmuwan Indikasikan 2 Planet Baru di Belakang Pluto

Sejak 2006, ilmuwan telah memutuskan tata surya Matahari hanya terdiri dari delapan planet saja setelah keluarnya Pluto sebagai planet terluar. Namun belum lama ini, ahli astronomi dari Universitas Cambridge dan Madrid telah menemukan tanda adanya planet lain di luar Pluto.

Kecurigaan adanya planet lain ini berawal ketika para ilmuwan menyadari pola gerakan yang tak wajar pada planet-planet kerdil di sekitar Pluto yang biasa disebut "ETNO". Baru-baru ini, orbit planet ETNO memiliki kecenderungan berubah-ubah, seperti mengalami tarikan grafitasi sebuah planet besar.

"Dari perubahan orbit planet ETNO yang tidak diperkirakan sebelumnya itu membuat kami yakin ada dorongan dari benda langit lain," terang ahli astronomi dari Universitas Madrid, Carlos de la Fuente Marcos. "Dorongan itu juga mengubah susunan planet ETNO."

Diperkirakan tarikan besar itu berasal dari planet yang hingga kini masih belum dikenal. Kemungkinan planet misterius pun lebih dari satu karena perubahan lintasan ETNO cukup dahsyat. "Jumlah pastinya belum pasti mengingat data masih terbatas, namun perhitungan kami menunjukkan setidaknya ada dua planet baru bahkan lebih di tata surya kita," tambah Marcos.

Para ilmuwan sebelumnya berteori bahwa tak ada planet lain yang orbitnya melingkari Matahari di luar orbit Neptunus. Namun Pluto diketahui juga memiliki lintasan melingkari Matahari sehingga ia bisa dikategorikan sebagai planet. Sayangnya, ukuran Pluto terlalu kecil sehingga ia "didepak" dari pangkatnya sebagai planet.

wowkeren.com

Sat

Wah, | Ilmuwan | Indikasikan | 2 |

Copyright @2015