Senin, 16 Pebruari 2015 10:08 WIB

Barcelona Bantai Levante 5-0, Messi Cetak Rekor Assist Terbanyak

 Barcelona Bantai Levante 5-0, Messi Cetak Rekor Assist Terbanyak
Ekspresi Kegembiraan Lionel Messi

Penyerang Barcelona, Lionel Messi, menciptakan tiga gol yang membuat Barca menang 5-0 atas Levante, pada pertandingan lanjutan Primera Division, di Stadion Camp Nou, Minggu (15/2/2015). Berkat kemenangan ini, Barca tetap menjaga jaraknya dengan Real Madrid sebagai pemuncak klasemen. Lionel Messi dan kawan-kawan hanya tertinggal satu poin dari Madrid yang mengoleksi 57 poin.  

Barca mampu unggul lebih dulu berkat gol Neymar pada menit ke-17. Messi melepaskan umpan kepada Neymar yang berada di dalam kotak penalti. Berdiri bebas, Neymar berhasil mengarahkan bola ke pojok kanan atas gawang Levante. Messi nyaris mencetak gol pada menit ke-41. Namun, bola hasil tembakan pemain asal Argentina tersebut masih mudah ditangkap kiper Diego Marino.

Meski begitu, Messi benar-benar mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-38. Berhasil menguasai umpan terobosan Bartra, Messi melepaskan tembakan yang tak bisa dibendung Marino. Messi kembali mencetak gol pada menit ke-59. Busquets menchip bola kepada Pedro. Pedro langsung meneruskan si kulit bulat. Messi yang berdiri bebas tanpa kesulitan menceploskan bola. 

Messi akhirnya mencatatkan hattrick melalui gol yang diciptakannya dari titik putih pada menit ke-65. Barca mendapatkan hadiah penalti menyusul dilanggarnya Neymar oleh Ivan Lopez. Messi dengan tenang melesakkan bola ke pojok kanan bawah gawang Levante. Sudah unggul 4-0, pelatih Luis Enrique memilih memasukkan Suarez untuk menggantikan Neymar pada menit ke-67. 

Suarez membayar lunas kepercayaan Enrique dengan gol indah yang diciptakannya pada menit ke-73. Penyerang asal Uruguay tersebut mencetak gol dengan tendangan salto menyambut umpan silang Adriano. Setelah itu, tidak ada gol tambahan dari kedua tim hingga laga usai. 

Messi ternyata tak hanya piawai mencetak gol. Torehan assistkepada Neymar menancapkan nama Messi sebagai pencetak assistterbanyak kompetisi tertinggi di Spanyol dalam 25 tahun terakhir, seperti dilansir Mister Chip. Dengan assist kepada Neymar, maka Messi tercatat sudah mencetak 106 assist dalam 11 musim. Messi melewati pencapain mantan pemain Barcelona dan Real Madrid, Luis Figo, yang mencatat 105 assist dalam 10 musim.

Di bawah Figo, terdapat dua pemain Barcelona yang masih aktif bermain. Xavi Hernandez telah memberikan umpan menjadi gol kepada rekan-rekannya sebanyak 95 kali. Sementara itu, Dani Alves, lebih sedikit tiga assist dari yang ditorehkan Xavi.

Susunan Pemain

Barcelona: 13-Claudio Bravo; 2-Martin Montoya, 14-Javier Mascherano, 15-Marc Bartra, 21-Adriano; 4-Ivan Rakitic (Sergi Roberto 62), 5-Sergio Busquets, 6-Xavi; 7-Pedro, 10-Lionel Messi, 11-Neymar (Luis Suarez 67)

Pelatih: Luis Enrique

Levante: 13-Diego Marino; 2-Ivan Lopez, 3-Tono, 4-David Navarro, 14-Ivan Ramis; 7-David Barral, 11-Jose Morales, 17-Jordi Xumetra, 23-Pape Diop, 24-Simao; 5-Kalu Uche (Victor 62)

Pelatih: Lucas Alcaraz

Wasit: Mario Melero Lopez

kompas.com

Sat

Barcelona | Bantai | Levante | 5-0, |

Copyright @2015