Kamis, 19 Pebruari 2015 08:00 WIB

Liga Champions : Real Madrid Terus Melaju, Ronaldo Cetak Rekor

 Liga Champions : Real Madrid Terus Melaju, Ronaldo Cetak Rekor
Pemain Madrid Rayakan Gol Ronaldo

Real Madrid menang 2-0 atas Schalke 04, pada leg pertama pertandingan perdelapan final Liga Champions di Veltins-Arena, Rabu atau Kamis (19/2/2015) dini hari WIB. Kemenangan El Real ini tidak terlepas dari penampilan gemilang Cristiano Ronaldo yang sukses mencetak satu gol dan satu assist. 

Madrid yang merupakan juara bertahan, cukup kerepotan mengembangkan permainannya. Bahkan, Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan lebih banyak sibuk meredam serangan dari tim tuan rumah. Madrid nyaris kebobolan seandainya kiper Iker Casillas tidak sigap menepis bola hasil tembakan Huntelaar dari luar kotak penalti pada menit ke-25.

Namun, Madrid mampu membuat kejutan dengan unggul terlebih dulu berkat gol Ronaldo pada menit ke-26. Bintang asal Portugal tersebut berhasil lolos dari kawalan lawan saat menyundul bola dari umpan Carvajal. Ini merupakan gol pertama Ronaldo setelah ia tak menciptakan gol dari tiga pertandingan terakhir. Madrid terlihat semakin percaya diri. Benzema nyaris mencetak gol saat melepaskan tembakan pada menit ke-31. Namun, bola tembakan dari Benzema masih bisa diamankan Wellenreuther .

Kiper berusia 19 tahun tersebut kembali membuat penyelamatan gemilang yang membuat Ronaldo gigit jari pada menit ke-35. Ia sukses menepis bola dari tendangan bebas Ronaldo. Setelah itu, Madrid mendominasi permainan. Namun, tak ada gol baru yang diciptakan kedua tim hingga babak pertama berakhir.

Selepas jeda, Madrid tetap terlihat tampil menyengat. Pada menit ke-53, Ronaldo berusaha mengirimkan bola kepada Benzema. Sayang, usaha Ronaldo masih sia-sia karena Matija Nastasic dengan cepat membuang bola. Isco dan Gareth Bale melakukan kerja sama yang baik pada menit ke-70. Akan tetapi, Isco malah membuang peluang karena tembakannya melayang di atas gawang tim tuan rumah. 

Di balik tekanan dari Madrid, Schalke menyelipkan sebuah peluang emas pada menit ke-73. Platte yang menerima bola dari Uchida langsung melepaskan tembakan keras. Sayang tembakan Platte masih membentur tiang.  Namun, Madrid membalas ancaman tersebut dengan gol yang diciptakan Marcelo pada menit ke-79. 

Di sisi kanan pertahanan Schalke, Ronaldo dengan kemampuannya berhasil mengecoh Uchida. Ia lalu memberikan bola kepada Marcelo kepada Marcelo. Bek asal Brasil tersebut dengan kaki kanannya melepaskan tembakan yang membuat bola bersarang ke sisi kanan gawang Schalke. Gol ini sekaligus memateraikan kemenangan Madrid dengan skor 2-0. Selanjutnya, Madrid akan menjamu Schalke di Santiago Bernabeu di leg kedua yang digelar pada 10 Maret 2015.  

Cristiano Ronaldo menjadi aktor utama kemenangan Real Madrid di Veltins Arena, kandang Schalke 04, Rabu malam atau Kamis (19/2/2015) dini hari waktu Indonesia.  Ronaldo mengakhiri puasa golnya dalam tiga laga terakhir dengan menjebol gawang Schalke pada menit ke-26. Inilah gol ke-76 Ronaldo sepanjang tampil di kompetisi antarklub Eropa. Dia menyamai pencapaian Lionel Messi dan Raul Gonzalez. Dari jumlah gol itu, 35 di antaranya dibukukan Ronaldo pada fase gugur Liga Champions, terbanyak dibandingkan dua bintang sepak bola lainnya. Pemain asal Portugal itu melengkapi malam gemilangnya dengan menjadi kreator gol Marcelo pada menit ke-79. 

Bersama Iker Casillas, laga di Veltins Arena menjadi pertandingan ke-50 Ronaldo pada fase gugur Liga Champions. Eloknya, dia bisa memenangi 28 laga di antaranya. Jumlah itu satu partai lebih banyak daripada catatan Edwin van der Sar dan Victor Valdes. Berkat gol dan assist Ronaldo, peluang lolos Madrid sangatlah besar. Sebab berdasar sejarah di kompetisi antarklub Eropa, 97 persen tim yang bermodal kemenangan 2-0 di kandang lawan pada putaran pertama, bakal melaju ke babak berikutnya. 

Susunan Pemain

Schalke: 40-Timon Wellenreuther; 22-Atsuto Uchida, 4-Benedikt Howedes, 32-Joel Matip, 31-Matija Nastasic, 15-Denni Aogo; 33-Roman Neustadter (Jan Kirchhoff 57), 12-Marco Hoger, 9-Kevin-Prince Boateng, 13-Maxim Choupo-Moting; 25-Klaas Jan Huntelaar (Felix Platte 33)

Pelatih: Roberto Di Matteo

Real Madrid: 1-Iker Casillas; 12-Marcelo, 3-Pepe, 2-Reaphael Varane, 15-Daniel Carvajal (Arbeloa 82); 16-Lucas Silva, 8-Toni Kroos, 23-Isco (Illarramendi 85); 11-Gareth Bale, 9-Karim Benzema (Javier Hernandez 78), 7-Cristiano Ronaldo

Pelatih: Carlo Ancelotti

Wasit: Martin Atkinson

kompas.com

Sat

Liga | Champions | : | Real |

Copyright @2015