Minggu, 24 Mei 2015 08:44 WIB

Negara Mana Yang Telah Jadi Korban Beras Plastik ???

 Negara Mana yang Telah Jadi Korban Beras Plastik ???

Beras plastik kali pertama mengemuka di Asia, Maret 2014, ketika produk asal Tiongkok itu membanjiri pasar di negara bagian Kerala, India.

Situs oryza.com, dalam laporan yang ditayangkan 12 Maret 2015, melaporkan beras plastik ditemukan di beberapa Kerala, negara bagian di selatan India.

Konsumen lokal, tulis situs itu, nyaris tidak mampu mendeteksi beras plastik karena importir Tiongkok mengoplosnya dengan beras asli. Beras plastik juga masuk ke India melalui Singapura.

Situs markettimestv.com melaporkan industri kecil dan menengah nyaris hancur oleh efek naga, ketika produk plastik Tiongkok membanjiri India. Lebih buruk lagi ketika industri polimer Tiongkok memasukan produk berupa beras plastik ke pasar-pasar India.

Beras plastik terbuat dari kentang dan ubi jalar, dibentuk seperti beras. Industri resin sintetis mencampurnya dengan plastik untuk mendapatkan tekstur nasi.

Sulit membedakan beras plastik dan asli hanya dengan melihat dengan mata telanjang. Masyarakat baru mengetahui beras plastik ketika memasaknya.

Beras plastik akan tetap keras, karena selubung plastik tidak mengelupas. Ketika dibakar, baru tercium bau resin. 

inilah.com

Wit

Negara | Mana | yang | Telah |

Copyright @2015