Sabtu, 19 Maret 2016 05:40 WIB

Tak Kebal Hukum, Kontraktor Proyek Drainase Akhirnya Menyerah!

 Tak Kebal Hukum, Kontraktor Proyek Drainase Akhirnya Menyerah!
Jalan Rusak di Tungkal yang Tengah Diperbaiki

KUALATUNGKAL(SR28) - Setelah mendapat desakan dari Dinas Pekerjaan Umum (PU) Tanjab Barat, kontraktor yang mengerjakan Proyek Drainase Kuala Tungkal pada tahun 2013 lalu akhirnya menyerah. Mereka bersedia mengganti kerugian dengan memperbaiki kerusakan ruas jalan yang terjadi saat pengerjaaan drainase sesuai keputusan Pengadilan Negeri (PN) Kuala Tungkal tertanggal 10 Juni 2014 lalu.

Bahkan pihak Dinas PU menghargai iktikad baik guna melaksanakan perbaikan Jalan Tugino Kuala Tungkal yang saat ini sedang dikerjakan PT STU sebagai pihak pelaksanan pekerjaan proyek drainase beberapa tahun lalu.

" Pekerjaan yang tengah dilaksanakan ini murni rekanan yang mengerjakan terkait keputusan pengadilan dan bukan menggunakan anggaran dari Pemda," ujar Apri Dasman S. ST.MT selaku Kabid Prasarana Jalan dan Jembatan Dinas PU(Pekerjaan Umum) Kabupaten Tanjab Barat kemarin (17/03).

Dijelaskan Apri, 4 ruas jalan yang akan diperbaiki PT STU, di antaranya Jalan Tugino, Jalan Sultan Hasanudin, dan Jalan Nelayan.

“ Anggaran untuk perbaikan mencapai sekitar Rp 150 juta dan pada masing-masing ruas jalan terdapat 10 titik. Biaya perbaikannya murni dari rekanan. Pemda hanya sebatas mengambil kebijakan sesuai keputusan pengadilan," ungkapnya.

Ketika disinggung tentang perbaikan jalan di Kuala Tungkal yang saat ini juga sedang dikerjakan dengan menggunakan dana swakelola menggunakan dana APBD, Apri mengakui untuk perbaikan jalan melalui dana swakelola lokasinya tidak sama dengan perbaikan jalan pasca putusan pengadilan yang dikerjakan rekanan.

" Memang untuk swakelola juga berjalan, tapi lokasinya beda," jelas Apri.

“ Untuk pengerjaan menggunakan dana swakelola, titik pekerjaannya meliputi Jalan Agus Minus, Jalan Panglima Cama, Jalan Simpang Asean, dan  Jalan Bahari. Alat berat yang digunakan juga milik Pemda, sedangkan perbaikan jalan akibat dampak pembangunan drainase itu merupakan alat berat milik rekanan sendiri," tukasnya.

 

Sab/Sat

Tak | Kebal | Hukum, | Kontraktor |

Copyright @2015