Senin, 23 Mei 2016 13:43 WIB

Tumbangkan Rekor, Suhu Udara Di India Capai 51 Derajat Celsius

 Tumbangkan Rekor, Suhu Udara di India Capai 51 Derajat Celsius
Seorang Anak Berendam Kepanasan di India

Kota Phalodi, India mencatatkan sejarah. Suhu udara di kota yang berada di negara bagian Rajasthan itu mencapai 51 derajat celsius. Catatan tersebut menumbangkan rekor yang telah bertahan 60 tahun di kota Alwar yang juga berada di negara bagian Rajasthan.

Suhu tinggi di Phalodi tersebut terjadi ketika gelombang panas tengah melanda seluruh India. Rekor sebelumnya adalah 50,6 derajat celsius yang tercatat pada 1956. Gelombang panas sendiri membuat suhu rata-rata di utara India mencapai 40 derajat celsius dalam beberapa pekan terakhir.

Datangnya musim penghujan di India selalu ditandai dengan kuatnya cahaya matahari dan meningkatnya suhu udara selama beberapa pekan. Namun, suhu tinggi hingga mencapai 50 derajat celsius sangat tidak biasa. Salah satu penduduk Phalodi, Murari Lal Thanvi, mengaku tidak tahan berada di luar sepanjang Jumat 20 Mei 2016.

“Bahkan handphone saya menyerah dan tidak mau menyala ketika saya hendak mengambil gambar hari ini. Saya baru bisa menyalakan hp setelah menyelimutinya dengan pakaian basah selama 20-25 menit,” tuturnya, seperti dilansir BBC, Sabtu (21/5/2016).

Badan Meteorologi India telah menerbitkan peringatan bahwa gelombang panas yang cukup tinggi akan melanda sebagian besar negara bagian di sebelah utara dan barat India sepanjang akhir pekan.

India menerbitkan status gelombang panas ketika suhu maksimal mencapai 45 derajat celsius atau saat temperatur mencapai lima derajat lebih tinggi dari rata-rata di sebuah wilayah dalam beberapa tahun terakhir.

Gelombang panas yang melanda India kali ini telah menewaskan puluhan orang di negara India sebelah selatan seperti Telangana dan Andhra Pradesh. Gelombang panas sendiri baru berakhir dengan datangnya musim penghujan yang biasanya terjadi di pertengahan Juni.

okezone.com

Sat

Tumbangkan | Rekor, | Suhu | Udara |

Copyright @2015