Minggu, 10 Juli 2016 20:50 WIB

Jangan Lakukan 10 Kebiasaan Merusak Otak

 Jangan Lakukan 10 Kebiasaan Merusak Otak

Otak manusia adalah organ yang sangat penting untuk mengatur dan mengkoordinir semua gerakan dan aktivitas organ di dalam tubuh. Otak yang terjaga dengan baik akan membuat penggunanya dapat mengatur seluruh gerakan tubuhnya dan berpikir dengan baik.

Sebaliknya, jika otak mengalami kerusakan maka aktivitas kesehariannya juga akan terganggu. Cara berpikirnya pun juga akan ikut terganggu.

Kerusakan otak bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti kecelakaan, penyakit, infeksi virus, dan kebiasaan yang buruk. Kebiasaan buruk yang sering kita lakukan lambat laun akan terakumulasi dan merusak otak. Untuk itu, mari kenali dan hindari 10 kebiasaan perusak otak berikut ini.

1. Tidak sarapan
Sarapan seringkali disepelekan dan tidak dilakukan. Padahal makan di pagi hari ini merupakan awal masuknya nutrisi bagi otak. Tidak sarapan akan menyebabkan turunnya kadar gula dalam darah. Akibatnya, nutrisi otak terganggu dan memicu kerusakan otak.

2. Terlalu banyak makan
Makan secukupnya sesuai dengan porsi dan waktunya adalah cara makan yang terbaik. Kurang makan akan membuat tubuh lemas, sebaliknya terlalu banyak makan akan mengeraskan pembuluh darah otak. Akibatnya, kekuatan mental pun menurun.

3. Merokok
Tidak ada lagi yang memungkiri bahwa merokok adalah kebiasaan yang buruk. Tidak hanya bagi kesehatan tubuh namun juga bagi kesehatan otak. Efek rokok pada otat yaitu otak menyusut dan kehilangan fungsinya sehingga mengantarkan pada penyakit alzheimer.

4. Konsumsi gula berlebih
Konsumsi gula berlebih tidak hanya berpotensi menimbulkan diabetes namun juga kerusakan otak. Asupan gula berlebih akan menghalangi penyerapan protein dan gizi. Akibatnya perkembangan otak menjadi terganggu.

5. Terpapar polusi udara
Otak juga bagian tubuh yang sangat membutuhkan udara sehat untuk aktivitasnya. Jika udara yang terserap berpolusi maka bisa membuat otak terganggu dan semakin lama tidak dapat berfungsi dengan baik.

6. Waktu tidur kurang
Tidur adalah waktu bagi seluruh organ tubuh untuk beristirahat, termasuk otak. Kurang tidur akan membuat sel-sel otak tidak beristirahat dan bisa mati akibat terlalu lelah.

7. Tidur dengan kepala tertutup
Kebiasaan ini juga harus dihindari. Tidur dengan kepala tertutup akan membuat karbondioksida berkumpul dan membuat otak terkontaminasi. Akibatnya sel-sel otak menjadi rusak.

8. Berpikir saat sakit
Dalam keadaan sakit, otak menjadi lemah. Berpikir terlalu keras dapat menyebabkan sel otak bekerja keras dan justru membuat otak rusak.

9. Tak pernah latihan otak
Sama halnya dengan ketrampilan, otak juga harus terus diasah agar dapat berfungsi semakin baik. Otak yang tak pernah distimulasi dengan berpikir akan menyusut dan tak berfungsi optimal. Latihlah otak dengan permainan atau tantangan-tantangan berpikir.

10. Terlalu pendiam
Diam adalah emas, merupakan nasihat yang baik. Namun, nasihat ini akan berjalan baik sesuai dengan tempatnya. Terlalu pendiam menyebabkan otak tidak menerima stimulus untuk berkembang. Sebaliknya, berbicara akan membuat otak berlatih dan berkembang.

Pada dasarnya otak manusia memiliki kemampuan luar biasa jika terus diasah dan dikembangkan. Kemampuan tersebut bisa hilang dan rusak jika kita masih memelihara kesepuluh kebiasaan buruk perusak otak diatas. Oleh karena itu, mulailah dengan meninggalkan kebiasaan-kebiasaan tersebut.

viva.co.id

Sat


Copyright @2015