Selasa, 19 Juli 2016 01:01 WIB

Jahe Akan Dongkrak Ekonomi Petani Sarolangun

 Jahe Akan Dongkrak Ekonomi Petani Sarolangun
Kebun Jahe

SAROLANGUN - Keseriusan dalam mendirikan pabrik jahe di Kabupaten Sarolangun mulai terlihat. Pasalnya, tiga bulan lalu pemkab bersama para petani mendatangi PT Sidomuncul di semarang, jakarta. Guna melakukan studi banding terkait budidaya jahe yang diyakini bisa mendongkrak ekonomi masyadakat. Apalagi kemarin (18/7) pemkab sarolangun secara resmi sudah melakukan kerja sama dalam bentuk penandatanganan MoU dengan PT Sidomuncul di ruang Aula Kantor Bupati.

Bupati Sarolangun Cek Endra, usai penandatangan kesepakatan tersebut menyebutkan jahe dari hasil pertanian oleh masyarakat Sarolangun akan dibeli langsung oleh PT Sidomuncul, dan akan di olah dalam bentuk ekstrak jahe, kemudian di kirim ke Jakarta.

" Jahe yang di buat adalah jahe ekstrak, kita akan belikan mesin pengolah itu untuk para petani, yang di kirim nantinya dalam bentuk tepung".Kata Cek Endra.

Namun saat ini ia belum mengetahui besaran harga mesin pembuaf ekstrak jahe ini, dan masih dalam pencarian. Jika memang harganya bisa terjangkau berkemungkinan Cek Endra akan membelikan bagi para petani melalui APBD Sarolangun.

" Saya belum tahu berapo harganya, kalau terjangkau akan kita Apbdkan, kita beli saja bagi masyarakat, para petani juga akan jual dalam bentuk esktrak".Jelasnya.

Disamping itu, sesuai dengan kerja sama Sidomuncul, akan siap dalam membelj hasil pertanian masyarakat, baik jahe maupun singkong.

" kemudian kita juga ada kesepakatan pupuk organik yang memang di design khusus untuk jahe dan singkong. Mari kita sama sama bekerja, mudah mudahan berjalan baik".

 

Dar/Cep


Copyright @2015