Minggu, 24 Juli 2016 22:06 WIB

Ditinggali Raja Melayu, Wisata Rumah Tuo Patut Dikunjungi

 Ditinggali Raja Melayu, Wisata Rumah tuo Patut Dikunjungi

MERANGIN(SR28) - Kabupaten Merangin memiliki begitu banyak tempat wisata dan aneka seni budaya, bahkan peninggalan para raja juga terlihat di kabuipaten Merangin.

Ditengah perkampungan yang di hiasi rumh to ini terletak di Kecamatan Tabir tepatnya di Desa Rantau Panjang.

Kalau pengunjung ingin berwista hanya perlu menempu perjalanan sekitar 30 Km dari Bangko.

Desa ini merupakan desa tertua di Provinsi Jambi yang memiliki rumah-rumah berusia ratusan tahun.

Penduduk desa ini adalah suku Batin keturunan proto Melayu atau Melayu tua. Tidak seperti daerah-daerah lainnya di Jambi yang kebanyakan dihuni oleh suku Batin yang lebih muda. Suku Batin sendiri merupakan suku asli Jambi.

Dari pantauan Media ini di lokasi terlihat rumah tuo itu tidak ada yang menggunakan paku, terkecuali atapnya, sangat menarik.

Namun kalau masuk ke perkampungan rumah tuo ini, bagunannya hampir sama tidak ada yang beda.

" Rumah ini dibangun sama semua, dan merupakan peninggalan bangunan tertua di jambi,"Ujar salah satu wisatawan asal Kota Jambi yang sempat di wawancarai di lokasi.

Namun anto sangat menyayangkan peninggalan rumah melayu jambi ini belum bisa membangun perekonomian masyarakat.

" Memang di tempat ini belum bisa secara serius di manfaatkan oleh warga sekitar untuk meningkatkan ekonomi masyarakat setempat. Seharusnya di tempat itu masyarakat harus menjuan sesuatu yang khas Melayu Jambi,"ujarnya lagi.

Terpisah kepala Disbudparpora Kabupaten Merangin Jangcik Mohza mengakui jika memang masih banayak tempat wisata Merangin yang harus di benahi, untuk itu iya berharap kepada semua pihak dinas seperti dinas Pu di bidang infrastruktur dan masyarakat Merangin untuk bahu membahu membangun tempat wisata di Kabupaten Merangin ini.

"Kalau semua pembangunan wisata ini semua  di minta dinas Pariwisata untuk membenahi akan hancur, karena kerja memebenahi wisata ini sudah ada bidangnya masing - masing, seperti dinas PU memikirkan. Infrastruktur, kemudian Dinas Pertanian kemungkinan makanan hewan di Kebun Binatang," jelasnya.

Iya juga berharap kepada semua pihak terkait dan masyarakat untuk selalu bahu membahu membangun wiasata Merangin,"tukasnya

Frn?Cep

Ditinggali | Raja | Melayu, | Wisata |

Copyright @2015