Minggu, 28 Agustus 2016 15:05 WIB

Mengurai Kiprah Agus Sunaryo, Pj Bupati Tebo Yang Menjadi Buah Bibir

 Mengurai Kiprah Agus Sunaryo, Pj Bupati Tebo Yang Menjadi Buah Bibir

JAMBI(SR28) - Nama Agus Sunaryo, Mantan Kepala Bappeda Kabupaten Tebo, yang kemarin lolos dalam seleksi lelang jabatan Asisten II Pemerintah Provinsi Jambi, dan akhirnya resmi menjabat setelah dilantik oleh Gubernur Jambi, Zumi Zola Zulkifli, Senin (15/08) lalu, kini ramai menjadi 'buah bibir' masyarakat.

Pasalnya, pria yang baru saja dilantik sebagai Asisten II Pemerintah Provinsi Jambi itu sekarang resmi menjabat sebagai Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Tebo untuk menggantikan yang sekaligus mengisi kekosongan Bupati Tebo defenitif yang habis masa jabatannya pada 27 Agustus 2016 kemarin. Agus Sunaryo resmi menjadi Pj Bupati Tebo setelah dilantik oleh Gubernur Jambi, Zumi Zola Zulkifli, Sabtu (27/08) malam tadi.

Namun, karena dianggap akan tidak netral dalam mengemban amanah untuk menjaga pilkada kabupaten itu. Agus Sunaryo mendapat berbagai penolakan dari masyarakat terkait hal tersebut. Perkara jujur dan adil kepada para peserta kontestasi politik lima tahunan ini jadi pertanyaan! Sebab, Calon Bupati Petahana yakni Sukandar kembali akan bertarung memperebutkan posisi kursi nomor satu di kabupaten itu.

‎Sebenarnya, kepindahan Kepala Bappeda Tebo itu ke Pemerintah Provinsi Jambi dibawah asuhan Zola masih menjadi tanya di kalangan masyarakat? Terlebih, saat ini Pemkab Tebo sedang melakukan pembahasan RAPBD 2017 yang tentunya butuh stabilitas yang baik dalam pemerintahan.

‎Namun demikian, menurut sebagian pihak. Langkah ini dilakukan Agus untuk memenuhi kriteria menjadi PJ Bupati Tebo, yang tentunya sudah dilantik bertepatan dengan habis masa jabatan Sukandar-Hamdi. Dari apa yang ‎berkembang, hal tersebut agaknya sudah mulai terjawab dengan sendirinya. 

Dalam ketentuan, tak ada larangan apabila pejabat eselon II Kabupaten/Kota diangkat menjadi PJ Bupati tanpa harus pindah ke Pemerintahan Provinsi. Hanya saja, eselon II di Kabupaten/Kota untuk tataran SKPD adalah eselon IIB. Sedangkan, jabatan tertinggi pada tataran birokrasi di pemerintah daerah adalah Sekretaris Daerah, yakni pegawai eselon IIA.

Sedangkan, untuk saat ini, posisi Sekretaris Daerah Tebo dijabat oleh Pelaksana Tugas. Sehingga, jika pejabat kabupaten bisa menjadi Pj Bupati, mesti diangkat terlebih dahulu ke provinsi untuk ‎memiliki kriteria yang dimaksud.

Maka dengan dilantik sebagai asisten II beberapa waktu lalu. Maka, Agus Sunaryo kini berstatus sebagai pejabat eselon IIA, sehingga sudah cukup memiliki kriteria untuk menjadi Pj Bupati Tebo.

Pde/Cep


Copyright @2015