Sabtu, 22 Oktober 2016 10:22 WIB

10 Miliar Batas Maksimal Populasi Di Bumi, Sekarang Sudah Mencapai 7 Miliar Manusia

 10 Miliar Batas Maksimal Populasi di Bumi, Sekarang Sudah Mencapai 7 Miliar Manusia
Populasi manusia bertambah setiap tahun

Berikut adalah alasan kenapa peneliti PBB dapat menyimpulkan bahwa angka 10 miliar jiwa adalah batas maksimal populasi di Bumi:

1. Bahan Pangan

Untuk memenuhi kebutuhan pangan 10 miliar manusia, peneliti PBB menjelaskan bahwa diperlukan minimal hewan ternak yang bila dikumpulkan menutupi area seluas 3,5 miliar hektar. Area itu lebih luas dari benua Afrika yang luasnya 'hanya' 3 miliar hektar.

Selain itu, manusia juga membutuhkan tanaman pangan yang bila dikumpulkan seluas Amerika Selatan, sekitar 1,8 miliar hektar. Saat ini saja manusia sangat sulit mendapatkan lahan tempat tinggal yang layak, apalagi harus melonggarkan lahan seluas 2 benua untuk makanan.

2. Kebutuhan Lahan

Masalah bukan hanya pada jumlah tanaman pangan, tetapi tanah itu sendiri. Mengingat pertanian sudah dimulai oleh manusia sejak 11.500 tahun lalu, dari hari ke hari kualitas tanah semakin menurun.

Petani tidak bisa mendapatkan hasil maksimal dari tanah garapannya, bahkan tak sedikit lahan yang akhirnya mengering tak bisa digarap karena kehilangan total lapisan humusnya dan terkontaminasi bahan kimia.

3. Global Warming

Saat ini rata-rata manusia di Bumi menghasilkan emisi gas karbondioksida 5 metrik ton per tahun, sementara warga AS mencapai 17 metrik ton per tahun! Bayangkan bila ada 3 miliar manusia lagi yang muncul dengan gaya hidup mirip warga AS. Emisi gas karbondioksida tentu akan meroket dan memperparah global warming.

Para ahli memperkirakan sampai tahun 2100, suhu rata-rata Bumi akan naik 2 derajat celcius.

4. Krisis Air

71% bagian Bumi kita tertutup oleh air, total volumenya mencapai 1,386 miliar kilometer kubik. Sementara air yang bisa dipakai oleh manusia hanya 10 juta kilometer kubik saja. Air ini berasal dari sumber bawah tanah, danau, sungai dan rawa.

Nah, dari 10 juta kilometer kubik itu, manusia hanya bisa mengakses 30%, sisanya digunakan untuk keperluan pertanian. Apabila jumlah manusia bertambah 10 miliar orang, tentu kita harus berpikir keras bagaimana menyuplai air atau mengubah air laut menjadi layak minum.

 

Indozone


Copyright @2015