Rabu, 30 November 2016 20:58 WIB

Apel Nusantara Bersatu, Zola Ikrarkan Kesetiaan Kepada Indonesia, Zola: Tanamkan Jiwa Nasionalisme Hindarkan Gerakan Anarkis Yang Melawan Keutuhan Negara

 Apel Nusantara Bersatu, Zola Ikrarkan Kesetiaan Kepada Indonesia, Zola: Tanamkan Jiwa Nasionalisme Hindarkan Gerakan Anarkis Yang Melawan Keutuhan Negara
Zola Saat Orasi Ikrar Kesetiaan Pada Indonesia

KOTAJAMBI(SR28/ADV) - Gubernur Jambi H.Zumi Zola Zulkifli,S.TP,MA, mengajak ribuan pesera apel nusantara untuk mengikrarkan kesetiaan kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia. Apel Nusantara Bersatu ini digelar pada pukul 08.30 WIB yang diawali dengan penyematan ikat kepala merah putih kepada Forkompimda Provinsi Jambi, dan perwakilan dari beberapa organisasi oleh para pelajar SMP. Acara juga diisi dengan persembahan kebudayaan daerah. Apel digelar pada Rabu (30/11) bertempat dilapangan kantor Gubernur.

Ditegaskan Gubernur pada orasi kebangsaannya bahwa ikrar kesetiaan kepada Indonesia yang menjadi tempat naungan dan udaranya dihirup ini merupakan wujud kecintaan kepada Tuhan, dan untuk membangun masa depan bersama, semangat kebangsaan dirumuskan dengan sadar, disosialisasikan secara luas kepada masyarakat, dan penyelenggara Negara harus memberi contoh positif kepada rakyat hingga semangat dan jiwa nasionalisme bangsa khususnya remaja sebagai generasi penerus tetap terpatri didalam jiwa.

“Berbicara tentang bangsa berarti berbicara sebuah konsep tentang masa depan. Bangsa dan Negara tidak mungkin dibentuk secara mendadak. Tapi terbentuk untuk mencapai tujuan dan terwujudnya kesejahteraan serta terjaminnya keamanan. Karena itu kita harus menanamkan dan meningkatkan jiwa nasionalisme dalam diri, cintai Bangsa dan Negara secara utuh. Hindarkan upaya gerakan destruktif, anarkis, separatisme, terorisme yang melawan keutuhan Negara dan segala upaya yang memecah belah kita semua,” ujar Gubernur.

Dijelaskan Gubernur bahwa sampai saat ini Provinsi Jambi merupakan Provinsi yang paling aman tetapi tidak boleh lengah, untuk tetap mempertahankan keamanan dan toleransi.

“Jambi memang Provinsi yang paling aman tetapi kita tidak boleh lengah untuk tetap mempertahankan keamanan dan sikap toleransi. Karena kemungkinan adanya pihak-pihak yang usil untuk memecah belah kita pasti ada,” ujarnya.

Gubernur juga mengapresiasi dengan diselenggarakannya kegiatan ini yang dinilai sebagai wadah menunjukkan serta memperkuat nilai-nilai Bhinneka Tunggal Ika.

“Acara ini untuk menunjukkan Indonesia bersatu untuk memperkuat nilai nilai Bhinneka Tunggal Ika, semua suku, agama hadir disini bukan hanya reog, barongsai banyak lagi yang lain, keberagaman itulah yang menunjukkan Indonesia dan Jambi yang kaya, kita ini jangan sampai kita terpecah, kita mesti bersatu, cobaan kita untuk mempertahankan keberagaman dan toleransi banyak sekali, tetapi tidak apa Negara yang besar adalah Negara yang melewati dan menghadapi cobaan dan ini menjadi sinyal positif dimana tingkat kesolitan, agama dan suku itu sangat kuat, dan saya menghimbau untuk tetap bersatu padu apapun suku, dan kita harus bersatu jangan sampai terpecah belah, dan jangan ada yang memprovokasi,” pungkasnya.

Dijelaskan Gubernur bahwa semua agama serta adat istiadat mengajarkan kepada manusia nilai prilaku moral dan akhlak yang baik.

“Dengan nilai-nilai akhlak itu, kita mengetahui batas-batas antara yang benar dengan yang salah. Marilah, nilai-nilai akhlak itu kita jadikan landasan dan pedoman bersama, dalam membangun kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara. Tanpa landasan dan pedoman itu, kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara tidak akan pernah tertib, aman dan damai,” katanya.

Pada akhir sambutannya Gubernur mengajak seluruh komponen Bangsa untuk menunjukkan kembali jati diri dan akhlak bangsa yang mulia.

“Mari kita redam silang pendapat yang mengedepankan ego kita masing-masing. Mari kita bergandengan tangan, serta rukun dan bersatu menuju kebahagiaan hidup menyongsong Indonesia jaya dan maju,” ucapnya.

Cep/Ags

Apel | Nusantara | Bersatu, | Zola |

Copyright @2015