Rabu, 11 Januari 2017 10:10 WIB

Pasar Sepeda Motor Di Indonesia Akan Sulit Berkembang

 Pasar Sepeda Motor di Indonesia akan Sulit Berkembang
Ilustrasi

SR28JAMBINEWS -  Populasi kendaraan roda dua di Indonesia dianggap sudah hampir jenuh, dengan rasio setiap 2,5 orang di Indonesia ada satu motor. Kondisi ini diperkirakan bakal jadi salah satu penyebab bisnis roda dua tanah air, sulit untuk tumbuh signifikan lagi di 2017.

Pernyataan tersebut seperti diutarakan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) roda dua, yang diwakili oleh Seiji Itayama, Managing Director PT SIS, Senin (9/1/2017). Tidak lantas berhenti sampai situ, Itayama kemudian memberi alasan mengapa melontarkan proyeksi tersebut.

Populasi sepeda motor di pasar Indonesia, sudah mencapai 95 juta sampai 100 juta, padahal populasi kita 250 juta orang. Itu berarti untuk sekitar 2,5 orang sudah ada satu motor. Jika dilihat secara global, angka di bawah tiga orang, itu tandanya sudah penuh, berarti sulit mengembang lebih besar lagi,” kata Itayama menjawab KompasOtomotif.

“Seperti proyeksi kami untuk 2017, tidak akan mencapai 6,7 juta atau 6,8 juta. Namun, yang masih mungkin adalah mencapai 6 juta sampai 6,1 jutaan, di mana pada 2016 hanya mencapai angka sekitar 5,9 jutaan,” ucap Itayama.

Yohan Yahya, Department Head Marketing and Sales 2Wheel PT SIS mengatakan, meski pasar akan stuck, tapi Suzuki mash berpeluang untuk tumbuh. Salah satunya karena kehadiran produk-produk baru di 2017.

“Kami akan mengambil beberapa porsi market yang sudah ada dengan produk baru tersebut. Kami harapkan, seharusnya pencapaian Suzuki bisa dua kali lipat lebih besar dibanding 2016 (56.000 unit), dan kami akan mulai tahun ini. Bahkan target dua kali lipat saja masih terlalu kecil,” ucap Yohan optimistis.

Kompas

Pasar | Sepeda | Motor | di |

Copyright @2015