Senin, 20 Pebruari 2017 10:25 WIB

Karier Susie Jadi Pembalap F1 Williams Mercedes Masih Panjang

 Karier Susie Jadi Pembalap F1 Williams Mercedes Masih Panjang
Susie Pembalap F1

SR28JAMBINEWS - Ajang kejuaraan balap terpopuler di dunia, Formula 1, merupakan dunia maskulin yang selalu didominasi oleh kaum Adam. Namun, Susie Wolf, asal Skotlandia, berhasil mencatatkan diri sebagai pebalap wanita pertama yang masuk pada balap F1 dalam 22 tahun terakhir.

Susie didapuk sebagai salah satu pebalap di tim Williams Martini F1 mulai musim 2015. Wanita berusia 31 tahun ini hanya menjadi pebalap tes resmi tim.

Meski hanya bertsatus sebagai "test driver", prestasi Susie terbilang cemerlang di dalam ketatnya persaingan dunia balap internasional. Kariernya dimulai dari gokart, berlanjut ke Formula Renault, Formula 3, dan berkecimpung di German Car Touring Masters.

Mata dunia kini berpaling kepada Susie karena prestasinya ini. Sebelumnya, Susie pernah mengendarai mobil balap F1 di salah satu acara promosi, di Sirkuit Silverstone, Inggris, Oktober 2012 lalu.

Pebalap wanita yang sebelumnya pernah terlibat di ajang F1 adalah Giovanni Amati pada 1992 lalu. Kala itu, Amati gagal mencatatkan hasil positif pada tiga kualifikasi yang diikutinya. Nasib buruk sepertinya juga menghantui Susie. Pada kesempatan pertama di sirkuit balap F1, catatan waktunya dihentikan karena terjadi masalah mesin, padahal ia baru menjalani satu lap.

Kini, Susie akan mengendarai Williams Mercedes FW37 pada sesi latihan bebas pertama dan dua hari tes sepanjang musim 2015. Menurut tim, Susie juga akan terlibat dalam pengujian tes simulator untuk mengembangkan mobil balap FW37 dan FW38.

Peran barunya ini diperoleh Susie karena sebelumnya ia pernah terlibat dalam program Development Driver untuk Williams dalam tiga musim terakhir.

"Ini merupakan langkah baru ke arah yang benar. Saya senang, Williams akhirnya mengenali peningkatan kerja keras saya dan kemampuan yang masuk dalam hitungan. Saya akan menggunakan posisi ini untuk bekerja dengan Felipe dan Valtteri untuk memastikan FW37 dikembangkan kemampuannya bagi tim," kata Susie.

Kompas

Karier | Susie | Jadi | Pembalap |

Copyright @2015