Politik
Jumat, 07 April 2017 11:28 WIB

KPU Sarolangun Tetapkan CE-Hilal Jadi Bupati & Wakil Bupati Terpilih

 KPU Sarolangun Tetapkan CE-Hilal Jadi Bupati & Wakil Bupati Terpilih
Penyerahan Keputusan KPU Sarolangun

SAROLANGUN(SR28) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sarolangun, resmi menetapkan Cek Endra dan Hillalatil Badri, menjadi Bupati dan Wakil Bupati Terpilih, di Bumi Sepucuk Adat Serumpun Pseko, Sarolangun, sekira pukul 14.30 Wib, di kantor KPU Sarolangun, Kamis (6/4).

Pasangan nomor urut dua ini, ditetapkan berdasarkan keputusan KPU Nomor 30/BA/Pilbup/IV/2017, tentang rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon terpilih Bupati dan wakil Bupati Kabupaten Sarolangun pada pemilihan Bupati dan wakil Bupati Sarolangun tahun 2017.

Dalam surat keputusan KPU tersebut, KPU Kabupaten Sarolangun menetapkan Pasangan Calon Bupati dan wakil Bupati nomor urut 2 atas nama Drs. H. Cek Endra dan H. Hillalatil Badri, yang diusung oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Nasdem, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Gerindra, yang memperoleh suara sah terbanyak dengan jumlah 73.845 suara atau 55,76% sebagai pasangan terpilih.

Pantauan di kantor KPU Sarolangun, pleno penetapan Bupati terpilih, berlangsung terbuka. Namun, Bupati terpilih, Drs. H. Cek Endra tak bisa hadir, lantaran sedang menunaikan ibadah umroh. Karena itu, paslon urut dua, hadir diwakili oleh Hillalatil Badri, timses, dan ketua Parpol pengusung.

Menariknya, selain Drs. H. Cek Endra berhalangan hadir, ternyata pasangan calon nomor urut satu, H. Muhammad Madel dan Musharayah, tak juga hadir. Belum diketahui alasannya. Namun, pihak KPU sudah melakukan tugasnya, dengan cara mengkonfirmasi Paslon urut satu tersebut. Tak hanya Madel-Har yang tak hadir, timses Paslon urut satu itu, juga tak hadir di acara penetapan Bupati dan Wakil Bupati terpilih 2017.

Ketua KPU Sarolangun, Akhyar dikonfirmasi usai rapat pleno penetapan Bupati terpilih mengatakan, setelah dilakukan penetapan Bupati dan wakil Bupati terpilih, besok pagi (hari ini, red) atau satu hari setelah penetapan, KPU akan mengusulkan pelantikan kepada DPRD Sarolangun. DPRD akan akan meneruskan kepada Pemda, dan Pemda akan ajukan Kepada Kemendagri untuk pengusulan dilakukan pelantikan Bupati dan wakil Bupati terpilih.

"Mengenai ketidakhadiran Paslon nomor urut satu saat pleno penetapan, tidak lah jadi masalah. Kita sudah konfirmasi kepada Paslon satu, namun tidak ada konfirmasi ulang dari mereka (Paslon satu, red) terkait alasan mereka tidak hadir," jelasnya, kemarin (6/4).

Reporter: Bule|Editor: Agus Sholihin Abar

Smadav
Copyright @2015