Selasa, 11 April 2017 10:02 WIB

Guru Pembocor Jawaban UN Di Jambi Akan Ditindak Tegas

 Guru Pembocor Jawaban UN di Jambi Akan Ditindak Tegas
Ilustrasi UNBK

JAMBI - Dinas Pendidikan Provinsi Jambi mengawasi ketat guru-guru sekolah di Jambi selama pelaksanaan Ujian Nasional (UN) Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat. Pengawasan itu dilakukan mencegah adanya oknum guru yang membocorkan soal dan jawaban UN. Bila ada guru yang tertangkap membocorkan soal dan jawaban UN, Diknas Provinsi Jambi akan memberikan tindakan tegas, mulai dari teguran hingga pemberhentian.

“Kami tidak lagi bersikap kompromi terhadap oknum-oknum guru yang membocorkan soal dan jawaban UN. Karena itu kami mengawasi para guru di setiap SMA selama pelaksanaan UN. Oknum guru yang terbukti membocorkan soal dan jawaban UN akan kami berhentikan,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Diknas Provinsi Jambi, Agus Heriyanto terkait pengawasan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) SMA dan sederajat di Jambi, Senin (10/4).

Menurut Agus Heriyanto, untuk meningkatkan pengawasan kecurangan UN, pihaknya membentuk tim khusus. Tim tersebut mengawasi setiap sekolah yang melaksanakan UN, baik UNBK maupun ujian nasional menggunakan pensil dan kertas (UNPK). Selain itu, Diknas Provinsi Jambi juga meminta warga masyarakat dan siswa peserta UN di daerah itu melapor ke pihak Diknas Provinsi Jambi bila mengetahui adanya kebocoran soal dan jawaban UN.

Dijelaskan, peserta UNBK dan UNPK SMA dan sederajat di Provinsi Jambi tahun ini sekitar 31.094 orang. Sekolah yang melaksanakan UNBK sebanyak 93 sekolah dari 215 SMA negeri dan swasta di di provinsi itu.

Berita Satu


Copyright @2015