Kesehatan
Sabtu, 15 April 2017 11:07 WIB

Kesehatan Pencernaan Anak Dukung Pertumbuhannya, Ini Alasannya

 Kesehatan Pencernaan Anak Dukung Pertumbuhannya, Ini Alasannya
Kesehatan pencernaan anak

SR28JAMBINEWS - Dikutip dari Vemale.com, bukan hanya konsumsi makanan yang sehat saja yang bisa mendukung pertumbuhan seorang anak. Melainkan, Mom juga harus selalu menjaga kesehatan pencernaan di awal pertumbuhan si kecil. Sebab, pencernaan merupakan organ yang sering terpapar oleh lingkungan luar tubuh dan merupakan pintu masuk semua zat asing ke dalam tubuh. 

Untuk itu, pencernaan harus berfungsi sebagai pembatas antara lingkungan di luar tubuh dan di dalam tubuh. Itulah alasan mengapa pencernaan tidak hanya berperan untuk memproses makanan, namun juga sangat berfungsi sebagai organ penting dalam menciptakan dan mempertahankan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Mom, pencernaan yang sehat dapat mendukung perut yang sehat sehingga dapat memberikan tujuh kehebatan. Kehebatan tersebut di antaranya; pencernaan nyaman, penyerapan nutrisi, pencernaan lancar, perlindungan alami, tumbuh kembang optimal, cepat tanggap, serta menjaga suasana hati. 

Berdasarkan penelitian, sebanyak satu dari dua orang anak memiliki paling tidak satu gangguan pencernaan. Biasanya anak paling sering mengalami gumoh sebanyak 71,5 persen, kembung 36 persen, serta konstipasi sekitar 15 persen. Masalah tersebut terjadi dikarenakan para ibu kurang memahami dengan tepat dampak gangguan pencernaan ringan terhadap tumbuh kembang si kecil secara optimal.

"Menenangkan orangtua dan memberikan saran untuk memperbaiki asupan nutrisi merupakan hal penting yang dapat dilakukan oleh tenaga kesehatan dan orang terdekat. Ini untuk membantu mengurangi kemungkinan terjadinya gejala gangguan pencernaan pada anak yang dapat berdampak terhadap perut yang sehat," ujar Thomas Ludwig, Principle Scientist Of Pediatric GastroenterologyDanone Nutricia Resarch dalam acara 'Dukung Pencernaan Sehat si Kecil Agar Bisa Hadirkan Tujuh Kehebatan' di Jakarta.

Sayangnya,berdasarkan survei kebanyakan ibu melihat permasalahan pencernaan hal yang wajar pada tumbuh kembang anak. Bahkan, banyak ibu melakukan langkah tradisional yang telah turun temurun dilakukan dalam keluarga.

Dr. Badriul Hegar, Ph.D., Sp.A (K) menjelaskan, nutrisi awal kehidupan yang terbaik diberikan pada anak ialah Air Susu Ibu (ASI), yang apabila terjadi masalah pencernaan, ASI masih boleh diberikan pada anak. Selain itu, penelitian menunjukkan ada beberapa nutrisi yang membantu mengurangi gejala gangguan saluran pencernaan. Seperti penggunaan susu formula yang dikentalkan untuk mengurangi gumoh pada anak dan kandungan laktosa untuk mengurangi kembung.

"Pemberian serat yang cukup juga penting untuk mengurangi kemungkinan terjadi konstipasi terutama pada dimulainya pemberian makanan padat hingga peralihan menuju makanan keluarga. Perut yang sehat tidak hanya bermanfaat untuk pencernaan, tapi dapat memberikan tujuh kehebatan," ungkap Dr. Badriul.

Mom, kepekaan orangtua memang sangat penting untuk kesehatan pencernaan si kecil. Jadi, agar pertumbuhannya berjalan dengan baik, usahakan untuk menjaga pola makan anak demi menyehatkan sistem pencernaannya.

Vemale

Smadav
Copyright @2015