Selasa, 18 April 2017 22:03 WIB

Zola Harap CSR Juga Dialokasikan Untuk Pembinaan Desa Wisata

 Zola Harap CSR Juga Dialokasikan Untuk Pembinaan Desa Wisata
Zola Saat Membuka Sinergi Aksi UMKM

MUAROJAMBI(SR28/ADV) – Gubernur Jambi, H. Zumi Zola Zulkifli mengatakan, pembinaan dan pengembangan UMKM menjadi salah satu program yang diprioritaskan oleh Pemerintah Provinsi Jambi, karena melalui pembinaan UMKM terbukti sangat bermanfaat bagi perekonomian masyarakat. Hal tersebut dikatakan oleh Zola saat membuka Sinergi Aksi Melalui Kegiatan UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) Masyarakat Desa Wisata di Kawasan Candi Muaro Jambi, Kabupaten Muaro Jambi (Selasa, 18/04/2017) sore.

Zola mengemukakan, pengembangan wisata berkaitan erat dengan tumbuh kembangnya UMKM, yang pada gilirannya berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat. Maka dari itu, Zola berharap agar Corporate Social Responsibility (CSR)/tanggung jawab sosial perusahaan juga dialokasikan untuk pembinaan desa wisata.

Zola mengatakan, UMKM dapat menekan angka pengangguran serta dapat meningkatkan pendapatan masyarakat.

“Dengan usaha yang baru tentu meningkatkan pendapatan masyarakat, dengan meningkatnya pendapatan masyarakat, Insya Allah akan dapat menekan angka kemiskinan,” kata Zola.

Gubernur menjelaskan, setiap daerah mempunyai potensi masing-masing seperti di Kabupaten Muaro Jambi yang mempunyai potensi wilayah untuk destinasi wisata Candi Muaro Jambi yang tidak dimiliki oleh daerah lain.

“Belum lagi kita bicara masalah duku, belum lagi kita bicara masalah potensi nanas dan potensi pertanian lainnya di Kabupaten Muaro Jambi ini. Dengan UMKM, kita dorong itu semua, yang potensi menjadi pendapatan masyarakat,” jelas Zola.

Munurut Gubernur Zola, potensi-potensi yang ada di Kabupaten Muaro Jambi tersebut tentu juga memiliki kendala-kendala seperti kendala SDM, keterbatasan modal serta keterbatasan teknologi.

“Oleh sebab itu, kita hadir disini adalah salah satu solusi untuk menjawab kendala-kendala tadi. Disini ada OJK yang membawahi jasa keuangan se-Jambi yang salah satu fungsinya adalah apabila bapak-bapak dan ibu-ibu yang ingin membutuhkan dana untuk modal bisa datang ke kantor OJK atau ke bank-bank pemerintah yang juga bisa meminjamkan dana,” ujar Gubernur.

Zola berharap supaya setiap bank yang memiliki dana CSR bisa lebih fokus lagi agar bantuan yang diberikan tersebut dapat betul-betul bermanfaat untuk masyarakat.

“Misalkan setiap bank bertanggung jawab untuk dapat membina satu desa, contohnya seperti di Candi Muaro Jambi ini, mudah-mudahan ada ditunjuk nanti bank tertentu yang bertanggung jawab untuk dapat membina UMKM untuk di kawasan Candi Muaro Jambi ini,” tutur Gubernur.

Zola, menambahkan bahwa pada bulan Mei mendatang Pemerintah Provinsi Jambi akan mengadakan lagi Festival Candi Muaro Jambi yang waktunya bertepatan dengan Hari Waisak, hal ini semata-mata salah satunya adalah untuk meningkatkan pendapatan masyarakat dan pedagang khususnya di Candi Muaro Jambi.

“Nanti dari Pj. Bupati Muaro Jambi akan menginformasikan kepada masyarakat, gunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. Ajak semuanya untuk dapat berjualan disini dan mudah-mudahan pendapatannya akan meningkat. Mudah-mudahan Festival Candi Muaro Jambi ini juga menjadi salah satu acara yang masuk kedalam jadwal pariwisata secara Nasional. Jadi setiap tahun kita akan adakan,” pungkas Gubernur.

Turut hadir dalam acara yang diselenggarakan oleh OJK Provinsi Jambi ini, Anggota Komisi XI DPR RI Hj.Elviana, Wakil Ketua Dewan Komisioner OJK Pusat Dr. Rahmat Waluyanto, M.BA , Kapolda Jambi, Pj.Bupati Muaro Jambi, Kailani, SH, M.Hum, Unsur Forkopimda Kabupaten Muaro Jambi, Kepala OJK Provinsi Jambi, Darwisman beserta jajaran, Direktur utama Bank Jambi M. Yani beserta jajaran, Ketua Harian Gerakan Desa Emas Iwan Fuad, Ketua Yayasan Desa TUNTAS Jambi Rina Safitri, para peserta UMKM se-Kabupaten Muaro Jambi serta para undangan lainnya.

Cep/Ags

Zola | Harap | CSR | Juga |

Copyright @2015