Metro
Jumat, 21 April 2017 20:07 WIB

LPKNI Peringati Hari Konsumen Nasional

 LPKNI Peringati Hari Konsumen Nasional
LPKNI Sebarkan Brosur dan Spanduk

KOTAJAMBI(SR28) - Dalam memperingati hari Konsumen Nasional Indonesia yang tepat jatuh pada tanggal 20 April 2017. Lembaga Perlindungan Konsumen Nusantara Indonesia(LPKNI) memperingati hari tersebut dengan menyebarkan brosur dan spanduk dikawasan jalan Jenderal A. Yani Kecamatan Telanaipura Kota Jambi.

Peringatan hari konsumen Nasional di Indonesia tersebut juga melakukan aksi sosialisasi mereka terhadap pentingnya hari konsumen di Indonesia dengan tema Peringatan Harkonas tahun 2017 Konsumen Cerdas, Mandiri dan Cinta Produk Dalam Negeri.

Dalam kesempatan tersebut sebagai lembaga yang peduli terhadap perlindungan konsumen LPKNI mengajak kepada masyarakat umum agar menjadi konsumen cerdas yang mengerti tentang Hak dan kewajiban sesuai Undang-Undang Perlindungan Konsumen No. 8 Tahun 1999 dan Peraturan lain yang terkait.

Himbauan itu dilakukan dengan membagikan selebaran/brosur langsung kepada masyarakat umum, serta memasang spanduk pada beberapa titik persimpangan jalan di kota Jambi.

"Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan masyarakat memahami tentang Hak dan kewajiban sebagai konsumen, sesuai maksud dalam Undang-Undang Perlindungan Konsumen, yang meliputi Hak konsumen," ujar Kurniadi Ketua LPKNI Provinsi Jambi.

Lanjut dia, hak atas kenyamanan, keamanan, dan keselamatan dalam mengkonsumsi barang atau jasa serta hak untuk memilih barang atau jasa serta mendapatkan barang atau jasa tersebut sesuai dengan nilai tukar dan kondisi serta jaminan yang dijanjikan terhadap konsumen.

Ia menyebutkan jika konsumen juga berhak atas informasi yang benar, jelas, dan jujur mengenai kondisi dan jaminan barang atau jasa serta hak untuk didengar pendapat dan keluhannya atas barang dan jasa yang digunakan.

"Kemudian hak untuk mendapatkan advokasi, perlindungan, dan upaya penyelesaian sengketa perlindungan konsumen secara patut hak untuk mendapat pembinaan dan pendidikan konsumen, kemudian hak untuk diperlakukan atau dilayani secara benar dan jujur serta tidak diskriminatif," pungkasnya

Sdk/Ags

Smadav
Copyright @2015