Kamis, 04 Mei 2017 10:14 WIB

Dana BOS Belum Cair, Sekolah Di Tebo Terpaksa Ngutang

 Dana BOS Belum Cair, Sekolah Di Tebo Terpaksa Ngutang
Dana BOS di Tebo belum cair

MUARATEBO(SR28)  - Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) hingga saat ini belum cair. Agar kegiatan sekolah tetap berjalan sebagaimana biasanya, sejumlah sekolah di Tebo terpaksa pinjam uang diluar alias ngutang. Hal ini dibenarkan oleh Ahmad Fuad, kepala UPTD Pendidikan kecamatan Tebo Ilir.

"Terakhir sekolah SDN Dan SMPN menerima dana BOS pada bulan November 2016 lalu. Mestinya dibulan Maret 2017 kemarin pihak sekolah sudah menerima dana BOS untuk periode bulan Desember 2016, Januari dan bulan Februari 2017, tapi sayangnya hingga hari ini dana BOS yang ditunggu- tunggu itu tak kunjung cair," ujar Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Tebo Ilir.

Padahal lanjutnya, bulan April dan Mei ini aktivitas kegiatan sekolah yang bersumber dari dana BOS itu sangat padat sekali.

"Dua bulan terakhir ini kegiatan sekolah sangat banyak seperti kegiatan O2SN, FL2SN, OSN dan Ujian semester dan ujian akhir anak kelas VI SD dan Anak kelas III SMPN belum lagi untuk bayar guru honor," jelasnya.

Katanya lagi, untuk mensiasati keterlambatan pencairan dana BOS tersebut agar tidak mengganggu kegiatan belajar mengajar (KBM), pihak sekolah terpaksa nyari hutangan sana- sini.

"Malah saya dapat info ada sekolah yang terpaksa pinjam uang kerentenir karena sudah menemukan jalan buntu. Itu yang sekarang menjadi keluhan puluhan kepala sekolah dikecamatan Tebo Ilir. Dan saya kira juga menjadi keluhan semua sekolah yang ada di Kabupaten Tebo. Sementara pungutan kepada wali murid sekarang sudah dilarang," tambah Akhmad Fuat.

Menurutnya, sepanjang dia berkecimpung didunia pendidikan baru kali ini ada keterlambatan pencairan dana BOS dalam waktu yang lama.

"Sebelumnya memang ada keterlambatan tapi belum pernah selama ini. Kendalanya dimana saya tidak tahu, tapi yang jelas dana BOS ini setahu saya adalah kewenangan pemerintah provinsi," tuturnya.

Dia juga mengkwatirkan ketelambatan ini akan menganggu proses belajar mengajar jika terulang lagi dikemudian hari.

"Kalau pihak sekolah tidak mempunyai tempat untuk pinjam uang akibatnya bisa sangat fatal, kegiatan sekolah bisa terbengkalai," katanya lagi.

Ahmad Abrar, Pengurus Dana BOS Dinas Dikbud tebo saat dikonfirmasi harian ini tidak menampik keterlambatan pencairan dana BOS yang sudah membuat resah semua sekolah yang ada dikabupaten tersebut.

"Itu bukan kewenangan kita. Untuk lebih jelasnya silahkan konfirmasi kepihak Badan Keuangan Daerah Provinsi (BKDP) Jambi, nanti saya kirim nomor Ponselnya karena kebetulan saat ini Hp saya lagi ngedroup," tutupnya. 

Reporter: Babe|Editor: Agus Sholihin Abar

Dana | BOS | Belum | Cair, |

Copyright @2015