Internasional
Kamis, 04 Mei 2017 11:51 WIB

Inilah Janji 100 Hari Trump, Antara Yang Terpenuhi Dan Masih Mimpi

 Inilah Janji 100 Hari Trump, Antara Yang Terpenuhi dan Masih Mimpi
Presiden AS, Donal Trump

WASHINTON DC - November 2016, Donald Trump berdiri di hadapan para pendukungnya dan memaparkan serangkaian program yang akan ia capai dalam 100 hari masa pemerintahannya jika terpilih menjadi Presiden Amerika Serikat kelak.

"Saya meminta rakyat Amerika untuk mengangkat kebobrokan politik kita, sembari memegang teguh keyakinan dan optimisme yang selalu menjadi karakter orang Amerika. Saya meminta kalian untuk bermimpi besar," ujar Trump, kala itu.

Sekitar enam bulan berlalu, kini Trump sudah menduduki takhta tertinggi Gedung Putih dan menjalankan pemerintahannya selama 100 hari. Sebagian janjinya memang terpenuhi, tapi ada pula yang masih sekadar mimpi.

Semua impian awal Trump tertuang dalam satu kontrak politik yang terbagi menjadi dua. Bagian pertama berisi janji kepada rakyat yang dapat langsung diwujudkan melalui perintah eksekutif.

Paruh kedua janji itu merupakan yang tersulit. Pasalnya, Trump harus meminta restu dari parlemen terlebih dulu. Semua janji Trump pada bagian ini pun hingga kini masih sekadar angan-angan.

Dari 10 poin besar, ada sejumlah program yang menjadi sorotan publik, salah satunya pembangunan tembok penghalau imigran ilegaldi sepanjang perbatasan dengan Meksiko.

 

CNN Indonesia

Smadav
Copyright @2015