Lifestyle
Senin, 15 Mei 2017 09:21 WIB

Bener Gak Sih, Tidur Bersama Anak Turunkan Kadar Testosteron Pria?

 Bener Gak Sih, Tidur Bersama Anak Turunkan Kadar Testosteron Pria?
Ilustrasi Bapak dan anak tidur bersama

SR28JAMBINEWS - Hasil penelitian terbaru menemukan bahwa tidur bersama bayi bisa menurunkan kadar testosteron pria. Apa alasannya?

Sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa tubuh pria juga beradaptasi ketika menjadi orang tua. Itu terlihat dari penurunan tingkat testosteron pada pria. Hasil studi ini dipublikasikan secara online dalam jurnal PLoS ONE 5 pada bulan September, seperti dilansir NYdailynews, (10/9).

Para peneliti menganalisis data pada lebih dari 360 ayah di Filipina, yang berbagi tempat tidur dengan anak mereka. Setelah mengambil sampel air liur sebelum dan sesudah tidur, mereka menemukan bahwa subyek memiliki kadar testosteron rendah di malam hari. 

Para peneliti juga mengambil sampel testosteron pada tahun 2005 dan 2009. Hasilnya, mereka menemukan bahwa pria yang tidur di samping anak mereka, memiliki lebih sedikit testosteron dibanding mereka yang tidur secara terpisah.

Benarkah tidur bersama anak bisa menyebabkan penurunan kadar testosteron? Para peneliti pun masih tidak yakin dengan hasil temuan mereka. Namun, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa gangguan tidur (contohnya dari tangisan bayi) bisa menyebabkan penurunan testosteron.

Temuan ini memang cukup mencengangkan dan sedikit tak masuk akal. Bahkan, para peneliti pun masih bingung dengan temuan mereka. Sayangnya, semua bukti mengatakan sebaliknya. Demikian dilansir dari laman Kompas.

Kompas.com

Smadav
Copyright @2015