Nasional
Senin, 15 Mei 2017 11:47 WIB

Kunjungi Masjid Tertua Di China, Presiden Jokowi Sempatkan Salat

 Kunjungi Masjid Tertua di China, Presiden Jokowi Sempatkan Salat
Presiden Jokowi sempatkan shalat di Masjid Niujie

BEIJING – Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menyempatkan diri berkunjung ke Masjid Niujie yang berada di Beijing, China. Kunjungan dilakukan setelah mantan Gubernur DKI itu menghadiri upacara pembukaan KTT Jalur Sutra pada Minggu 14 Mei 2017.

Pertemuan dengan Ketua Asosiasi Muslim China dan Imam Masjid Niujie memberi pengetahuan baru bagi Presiden Jokowi. Pria asal Surakarta itu mendapat penjelasan mengenai awal kedatangan Muslim China ke Indonesia pada abad ke-15.

“Ternyata hubungan antara China dan Indonesia ini juga dimulai pada abad 15 yang lalu yaitu Muslim China datang ke Indonesia untuk berdagang di abad 15, kemudian mendarat saat itu di Jawa di Lasem dan di tempat tempat yang lain di Indonesia, di Palembang sehingga hubungan itu sudah lama antara Indonesia dan China,” tutur Presiden Jokowi, seperti dimuat di situs Sekretariat Kabinet, Senin (15/5/2017).

Dalam kunjungan tersebut, Presiden Jokowi memberikan cinderamata berupa kaligrafi, peci, sarung, dan Alquran. Mantan Wali Kota Surakarta itu juga bertemu dengan sejumlah ulama. Ia mengaku sangat senang karena umat Islam di China sangat didukung dan diberi ruang oleh pemerintah setempat.

Presiden Jokowi sempat kaget ketika diberi tahu oleh Imam Masjid Niujie bahwa ada sekira 23 juta Muslim dan 23 ribu masjid di China. Presiden menganggap jumlah tersebut tidak sedikit. Terkait kunjungan itu, Presiden Jokowi mengaku ingin melihat kehidupan Muslim di China.

“Tadi saya juga menyampaikan kepada bapak ketua dan Iman, salam saya untuk Muslim di China,” tutup Presiden Jokowi. Ia juga sempat menunaikan ibadah salat di masjid tertua di Negeri Tirai Bambu tersebut.

Okezone.com

Smadav
Copyright @2015