Minggu, 28 Mei 2017 07:04 WIB

Menjaga Kesehatan Miss V Saat Bulan Puasa Penting Juga Loh

 Menjaga Kesehatan Miss V Saat Bulan Puasa Penting Juga Loh
Menjaga kesehatan organ intim wanita saat puasa

SR28JAMBINEWS - Selain kebersihan tubuh dan hati, Anda juga harus menjaga kebersihan kelamin wanita saat berpuasa. Hal ini berguna agar Anda bisa menjalankan ibadah di bulan suci Ramadhan dengan lancar. Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah Anda harus mencegah terjadinya keputihan. Karena keputihan yang menimbulkan bau tidak sedap pasti akan membuat Anda merasa tidak nyaman saat beribadah.

  • Melakukan Pencegahan

Anda mungkin sudah sering mendengar atau mungkin membaca kalau mencegah lebih baik daripada mengobati. Hal inipun berlaku untuk daerah kewanitaan Anda. Ada baiknya jika Anda melakukan pencegahan agar organ intim Anda tidak mudah terkena keputihan atau infeksi. Adapun upaya pencegahan yang bisa Anda lakukan adalah:

  • Tidak menggunakan pakaian yang terlalu ketat pada tubuh;
  • Dalam memilih celana dalam, sebaiknya Anda menggunakan yang terbuat dari katun agar daerah kewanitaan Anda selalu kering;
  • Basuhlah daerah kewanitaan Anda dari depan ke belakang setelah Anda selesai buang air kecil atau buang air besar;
  • Setelah membasuh organ intim, gunakan handuk atau kain lembut untuk mengeringkannya;
  • Sebaiknya Anda membersihkan organ intim menggunakan air bersih dan sabun yang tidak menggunakan pewangi;
  • Sebaiknya Anda tidak menggunakan pembersih vagina yang mengandung pewangi atau parfum karena hal tersebut dapat mengganggu keseimbangan organisme yang terdapat pada vagina; dan
  • Sebaiknya Anda lebih sering mengganti pembalut.
  • Tidak Berendam di Air Hangat

Mandi dengan air hangat boleh saja. Namun sebaiknya Anda tidak terlalu sering atau terlalu lama berendam di air hangat. Karena hal ini akan menghambat sirkulasi darah pada organ intim sehingga dapat mengganggu kesehatan daerah tersebut.

  • Mendapatkan Istirahat yang Cukup

Agar imunitas tubuh bekerja dengan baik sehingga Anda bisa mencegah keputihan dan menjaga kesehatan organ intim wanita, sebaiknya Anda mendapatkan tidur yang cukup. Adapun cara untuk mendapatkan tidur yang cukup adalah dengan tidak mengkonsumsi makanan berat dan kafein serta tidak berolahraga minimal tiga jam sebelum tidur.

  • Menjaga Asupan Makanan

Agar jumlah bakteri yang terdapat di daerah kewanitaan tetap seimbang, sebaiknya Anda memperhatikan dan menjaga asupan makanan yang Anda konsumsi. Beberapa makanan yang dapat menjaga keseimbangan bakteri baik di organ intum adalah yoghurt, susu kambing dan susu asam. Selain itu, sebaiknya Anda juga mengurangi asupan gula saat berbuka puasa. Demikian dilansir dari laman Segiempat.

Segiempat.com


Copyright @2015