Kesehatan
Minggu, 28 Mei 2017 07:13 WIB

Agar Tidak Gampang Sakit Saat Puasa Begini Caranya...

 Agar Tidak Gampang Sakit Saat Puasa Begini Caranya...
Tetap olahraga rutin saat puasa

SR28JAMBINEWS - Sebenarnya banyak hal yang bisa Anda lakukan agar tidak mudah sakit saat puasa. Tidak melulu harus mengonsumsi suplemen vitamin, tetapi hal-hal sederhana yang sudah Anda terapkan sehari-hari juga bisa menjaga tubuh tetap kuat dalam menjalani ibadah puasa. Lalu apa saja yang bisa bikin tubuh tidak mudah sakit saat puasa?

1. Menjaga dan mengatur asupan

Waktu makan yang ada hanyalah ketika sahur dan berbuka puasa. Hal ini membuat Anda harus pintar-pintar memilih makanan apa yang harus dikonsumsi pada waktu tersebut, karena akan memengaruhi ketahanan  tubuh Anda secara tidak langsung.

Agar tidak mudah sakit saat puasa, bukan berarti Anda harus makan sebanyak-banyaknya ketika sahur dan berbuka puasa. Melainkan, pengaturan serta pemilihan makan yang tepat adalah kunci dari tubuh yang kuat, apalagi saat menjalani puasa.

Makanlah sesuai dengan kebutuhan Anda, semakin beragam makanan yang ada di dalam piring Anda, maka semakin banyak nutrisi yang Anda dapatkan. Usahakan untuk tidak mengonsumsi terlalu banyak makanan berlemak serta berkalori tinggi.

2. Istirahat yang cukup

Waktu tidur juga akan berubah ketika bulan puasa datang. Anda harus bangun sangat pagi untuk sahur dan melakukan ibadah hingga malam hari. Hal ini akan memengaruhi waktu tidur Anda dalam semalam. Usahakan untuk tetap tidur sekitar 7 jam dalam semalam. Hal ini akan membuat sistem kekebalan Anda bekerja dengan baik untuk melawan infeksi dari luar.  

3. Perbanyak asupan vitamin dan mineral

Biar tubuh tidak mudah sakit saat puasa, Anda juga harus mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin dan mineral yang tinggi. Berikut adalah beberapa vitamin dan mineral yang sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh Anda:

  • Vitamin C, merupakan vitamin paling utama yang diandalkan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Makanan yang mengandung banyak vitamin C seperti, brokoli, tomat, kembang kol, jeruk, pepaya, mangga, dan kiwi.
  • Vitamin B6, adalah vitamin yang sangat penting  untuk mendukung reaksi biokimia pada sistem kekebalan tubuh. makanan yang kaya vitamin B6 yaitu berbagai jenis sayuran hijau dan kacang polong.
  • Vitamin E, merupakan antioksidan yang ampuh melawan infeksi di dalam tubuh. Vitamin ini dapat Anda temukan di kacang-kacangan, biji-bijian, dan bayam.
  • Zinc, adalah salah satu mineral yang berperan penting dalam membangun sistem kekebalan tubuh. Bahan makanan yang mengandung banyak zinc yaitu daging ayam, daging sapi, berbagai macam kerang, dan sayuran berdaun hijau.

4. Tetap melakukan olahraga rutin

Jangan menjadikan puasa Anda sebagai alasan untuk tidak melakukan olahraga. Ya, olahraga adalah kebutuhan agar tubuh Anda selalu sehat dan bugar. Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa olahraga dapat meningkatkan imunitas tubuh seseorang.

Walaupun belum diketahui secara pasti mengapa olahraga dapat menjaga tubuh agar tidak mudah sakit saat puasa, namun salah satu teori dari ahli menyatakan bahwa olahraga dapat meningkatkan suhu tubuh sehingga mencegah bakteri tumbuh di dalam tubuh. Selain itu, olahraga juga memengaruhi jumlah sel darah putih yang bertugas sebagai ‘prajurit’ dalam melawan infeksi.

5. “Bertemu” matahari setiap pagi

Malas keluar rumah, karena takut kehausan atau kelelahan? Justru Anda harus menghindari kebiasaan buruk tersebut. Faktanya, paparan sinar matahari pagi dapat meningkatkan produksi vitamin D di dalam tubuh. Tak perlu terlalu lama, Anda hanya perlu ‘bertemu’ dengan matahari pagi sekitar 10-15 menit saja.

6. Jangan sampai stres

Stres adalah satu penyebab utama mengapa Anda sangat mudah terserang penyakit. Apalagi, ketika menjalani puasa, tubuh yang mudah lelah akan sangat rentan bila Anda mengalami stres yang berlarut-larut. Agar tidak mudah sakit saat puasa, usahakan untuk tidak stres atau depresi. Ya, walaupun memang tekanan dari lingkungan tak bisa dihindari, namun yang terpenting bagaimana Anda mengelola stres tersebut dan tidak menjadi depresi.

Segiempat.com

Smadav
Copyright @2015