Nasional
Senin, 12 Juni 2017 14:50 WIB

Memasuki Arus Mudik, Kapolri Perintahkan Sikat Preman & Calo Di Pelabuhan!

 Memasuki Arus Mudik, Kapolri Perintahkan Sikat Preman & Calo di Pelabuhan!
Kapolri Jenderal Tito Karnavian

CILEGON - Dilansir dari Solopos.com Kapolri Jenderal Tito Karnavian memerintahkan jajarannya untuk memastikan tidak ada lagi praktik percaloan dan premanisme di Pelabuhan Merak, Banten, dan Bakauheni, Lampung, selama musim mudik Lebaran 2017. Tanggung jawab tersebut dibebankan kepada Kapolda Banten, Kapolda Lampung, dan seluruh satuan di bawahnya.

“Saya minta bersihkan semua, dari preman, calo sampai copet tangkap semua. Anggota [polisi] pasti sudah kenal semua,” katanya dalam kegiatan pengecekan kesiapan Pelabuhan Merak, Minggu (11/6/2017).

Dia menjelaskan, musim mudik seperti ini adalah “musim panen” bagi calo dan preman. Namun, dia ingin pada musim mudik kali ini tak ada lagi keluhan mengenai hal tersebut. Pasalnya banyak masyarakat yang mudik tetapi tidak paham sehingga mudah ditipu calo atau diperas preman.

Dia akan mengambil langkah tegas apabila sampai menerima laporan adanya kejadian tersebut sampai ke level Polres.

“Kalau sampai ada laporan masuk ke saya, Kapolres saya kejar tanggungjawabnya,” tegasnya.

Tito juga memerintahkan Kapolda setempat untuk mengamankan jalur-jalur mudik yang rawan begal. Selain itu, selama puncak mudik petugas polisi yang mengenakan seragam diperbanyak dan ditempatkan di lokasi strategis.

Tujuannya agar bila ada pihak yang ingin berbuat kriminal mengurungkan niatnya karena melihat kesiapan petugas.

Solopos.com

Smadav
Copyright @2015