Kamis, 15 Juni 2017 17:44 WIB

Buruknya Drainase Di Kota Jambi Diduga Penyebab Utama Banjir

 Buruknya Drainase di Kota Jambi Diduga Penyebab Utama Banjir
Banjir melanda perumahan Kembar Lestari

KOTAJAMBI(SR28) - Kota Jambi saat saat ini memiliki permasalahan yang sangat serius tentang banjir, pasalnya dengan hujan yang berlangsung beberapa jam saja seperti pada Selasa malam sebagian wilayah di Kota Jambi terendam banjir. Salah satu yang terkena dampak banjir terparah antara lain Jalan Pattimura tepatnya di Lapas Kelas II A yang mengakibatkan jebolnya tembok Lapas dan menyebabkan puluhan Napi kabur.

Banjir juga merendam kawasan Perumahan Kembar Lestari Kelurahan Kenali Asam Besar serta sebagian Kelurahan Buluran.

Menyikapi hal tersebut, sejumlah aktivis lingkungan menyoroti masalah yang sangat mengancam Kota Jambi ini.

Feri Irawan, aktivis Perhimpunan Hijau misalnya  secara detil menyebutkan faktor-faktor utama Kota Jambi rawan banjir. Menurutnya saat ini banyak drainase yang bermasalah serta izin yang tidak mempertinbangkan faktor kondisi lingkungan

"Di LP Kelas II A itu kan dibangun pada daerah resapan air. Termasuk di jalan Pattimura itu juga  banyak drainasenya yang kecil" tegasnya.

Feri juga menambahkan harusnya Pemerintah Kota mengevaluasi izin-izin bangunan yang ada.

"Kadang izin yang dikeluarkan itu tanpa mempertimbangkan aspek-aspek itu. Harusnya izin yang ada dievakuasi kembali. Untuk drainase harus dilancarkan. Sementara itu Ruko, Perumahan, Hotel jangan dibangun di daerah resapan air" tambah Feri.

Reporter: M.Sidik|Editor: Agus Sholihin Abar

Buruknya | Drainase | di | Kota |

Copyright @2015