Metro
Jumat, 16 Juni 2017 23:32 WIB

Ibu 3 Bocah Penderita Telesemia Ini Terharu Dikunjungi Gubernur Zola

 Ibu 3 Bocah Penderita Telesemia Ini Terharu Dikunjungi Gubernur Zola
Zola saat sambangi 3 bocah penderita Telesemia

KOTAJAMBI(SR28) - Tepat pukul 15.00 Jumat  sore 16 Juni 2017,  Gubernur Jambi H. Zumi Zola bersama jajaran RSUD Raden Mataher dan Dinas Kesehatan Provinsi Jambi mendatangi kediaman Rita (36) di Jalan Yulius Usman RT 22 Kelurahan Pematang Sulur, Kota Jambi.

Rita adalah ibu dari 3 orang bocah yang mengidap penyakit tidak biasa.

Adapun ketiga anaknya Ratna Bella Savitri (14), Risky Dwienriyas (13), Hana Aliyah (13) menderita penyakit Telesemia.

Adapun secara medis, Telesemia merupakan penyakit menurun yang ditandai dengan gangguan dan ketidakmampuan memproduksi eritrosit dan hemoglobin. Gejala penyakitnya bervariasi, dapat berupa anemia, pembesaran limpa dan hati atau pembentukan tulang muka yang tidak normal.

Zola yang datang mengunjungi secara langsung juga menyempatkan berinteraksi langsung bersama ketika bocah penderita Telesemia tersebut.

Kepada awak media, Zola menyebut bahwa dia sangat terharu dengan kondisi yang menerpa anak-anak dari Rita tersebut. Apalagi ketiga anak tersebut harus mendapatkan pelayanan kesehatan yang berkala dan berjangka panjang akibat penyakit yang dideritanya.

"Kita dari Pemprov, Dinas Kesehatan dan RSUD Raden Mataher akan siap membantu ketika dibutuhkan" terangnya dengan nada datar.

Zola juga menambahkan bahwa dia juga telah meminta Palang Merah Indonesia (PMI) agar mampu menyediakan transfusi darah yang memadai untuk pelayanan terhadap pasien seperti yang dialami oleh ketiga bocah penderita  Telesemia tersebut.

"PMI juga harus mampu bekerja maksimal untuk melayani kebutuhan darah bagi masyarakat, karen yang membutuhkan tidak hanya ketiga anak ini saja, tapi masih banyak yang lainnya" tegas Zola.

Sementara itu, Rita sebagai ibu dari ketiga anak penderita Telesemia tersebut juga mengeluhkan kondisi kehidupan rumah tangganya yang serba kekurangan. Pasalnya dia dan suami serta ketiga anaknya belum memiliki tempat tinggal yang memadai. Apalagi kondisi suaminya yang berprofesi sebagai sopir tidaklah cukup untuk membiayai kebutuhan sehari-hari, pengobatan rutin hingga biaya tempat tinggal

"Semoga pak Gubernur juga bisa membantu tempat tinggal kami ,karena saat ini kami hanya menumpang" harap Rita.

Reporter: M.Sidik|Editor: Agus Sholihin Abar

Smadav
Copyright @2015