Sabtu, 08 Juli 2017 16:34 WIB

Dijadwal Cuma 30 Menit, Trump Dan Putin Bertemu 2 Jam Lebih

 Dijadwal Cuma 30 Menit, Trump dan Putin Bertemu 2 Jam Lebih
Vladimir Putin dan Donal Trump

HAMBURG - Presiden Amerika Serikat Donald Trump untuk pertama kali bertemu tatap muka dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi G-20 di Hamburg, Jerman, Jumat (7/7), membahas berbagai hal dari masalah Suriah dan Ukraina sampai dugaan campur tangan Rusia di pemilihan presiden Amerika.

Dua kepala negara adidaya itu sebetulnya dijadwalkan hanya bertemu selama 30 menit, dimulai sekitar pukul 16.00 waktu setempat, namun pembicaraan mereka berdua berlanjut hingga 2 jam 16 menit, menurut informasi Kementerian Luar Negeri AS.

"Saya melakukan pembicaraan yang sangat panjang dengan Presiden Amerika Serikat. Banyak isu yang dibahas seperti Ukraina, Suriah, masalah-masalah lain, dan isu-isu bilateral," kata Putin usai pertemuan.

Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson mengatakan dua kepala negara sepakat untuk melakukan gencatan senjata di wilayah barat daya Suriah.

"Ini merupakan indikasi pertama dari kami bahwa AS dan Rusia mampu bekerja sama di Suriah," kata Tillerson.

Dia juga menyebutkan bahwa Presiden Suriah Bashar al-Assad pada akhirnya akan lengser, namun menambahkan masa depan kepemimpinan di negara itu juga belum pasti.

"Bagaimana Assad lengser, itu belum diputuskan. Nantinya akan ada transisi yang tidak melibatkan keluarga Assad," kata Tillerson.

Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov, yang juga hadir dalam pertemuan itu, mengatakan gencatan senjata dimulai tengah hari pada Minggu (9/7) di Damaskus.

"AS dan Rusia berjanji untuk memastikan bahwa semua kelompok yang ada di sana akan mematuhi gencatan senjata ini dan memberikan akses ke bantuan kemanusiaan," kata Lavrov.

Polisi Militer Rusia dengan koordinasi bersama AS dan Yordania akan melakukan pengamanan awal di sekitar zona demiliterisasi.

Source: Berita Satu


Copyright @2015