Minggu, 09 Juli 2017 10:29 WIB

Ternyata, Ini Manfaat Ciuman Bagi Kesehatan

 Ternyata, Ini Manfaat Ciuman Bagi Kesehatan
Copyright pexels.com

SR28JAMBINEWS - Berciuman tidak hanya membuat kita merasa senang, namun ternyata juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Apa sajakah manfaat yang didapatkan dari ciuman? Berikut enam di antaranya:

1. Memperbaiki suasana hati

Apakah suasana hati Anda sedang buruk? Berharaplah pasangan Anda memberikan ciuman penuh cinta pada anda itu pasti akan langsung memperbaiki suasana hati atau mood Anda. Berciuman meningkatkan kadar oksitosin, sebuah zat kimia di otak Anda yang terkait dengan kepercayaan dan ikatan.

Sebuah eksperimen yang dilakukan Lafayette College terhadap pasangan yang berciuman selama 15 menit menunjukkan adanya penambahan besar dari zat kimia tersebut.

Dekan dan profesor fakultas neuroscience, Wendy Hill mengatakan bahwa dalam tes lain di mana sebuah kelompok hanya berpegangan tangan juga menunjukkan adanya perubahan oksitosin (seperti berciuman ), tapi jumlahnya lebih sedikit.

"Jadi bila Anda ingin mendapatkan suasana hati yang lebih baik, mungkin kami menyarankan yang terakhir," katanya.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Ini mungkin terdengar tidak seksi dan bertolak belakang, tapi bersatunya air liur Anda dengan pasangan bisa mencegah Anda terserang penyakit. Studi yang dilakukan tahun 2014 dan dipublikasikan di jurnal Microbiome mengatakan, pasangan yang sering bercumbu sebenarnya saling berbagi mikrobiota saliva yang memaksa tubuh Anda membuat antibodi untuk melawan bakteri asing.

Walau begitu perlu diingat, meski berciuman  bisa menjadi ‘suplemen’ yang Anda butuhkan untuk meningkatkan kekebalan tubuh, tapi jangan berharap menggunakan itu sebagai jalan pintas mencegah penyakit. Dan kalau-kalau Anda penasaran, rata-rata 80 juta bakteri ditransfer dalam 10 detik berciuman.

 

3. Mengenali pasangan idaman Anda

Sebuah ciuman dapat memberitahukan lebih jauh tentang tipe pasangan yang menjadi idaman Anda. Dr Helen Fischer menjelaskan di Chemistry.com bahwa dalam sebuah studi yang terdiri dari 58 lelaki dan 122 perempuan, 59 persen laki-laki dan 66 persen perempuan mengatakan mereka mendapatkan kekasih setelah ciuman pertama.

“Dengan aksi kecil ini, Anda bisa mendapatkan pelajaran besar tentang siapa yang akan menjadi pasangan Anda,” tulis Fisher. “Pertama Anda bisa melihat, membau, mengecap, mendengar dan merasakan pasangan lebih baik. Setelah itu pesan yang muncul dari perasaan Anda akan sampai ke otak".

Pesan itu memberikan informasi tentang kesehatan pasangan Anda, apa yang mereka makan, minum dan kebiasaan merokok serta keadaan pikirannya—dari perasaan ketakutan sampai ketenangan.

4. Membakar kalori

Bila kecupan kecil menggerakkan beberapa otot, maka pelukan yang penuh gairah dapat menggunakan hingga 34 otot wajah dan membakar 26 kalori per menit.

5. Melepaskan stres

Bila pekerjaan membebani pikiran Anda dan berbagai masalah lain membuatnya semakin berat, maka tingkat stres Anda akan naik secara drastis. Itulah saatnya Anda memerlukan ciuman romantis.

Berciuman diketahui mengurangi hormon stres, kortisol. Di lain pihak, berdasarkan The Neurobiology of Love 2005, stres mungkin mendorong kita untuk berciuman  lebih sering untuk menguatkan hubungan kita.

6. Meredakan demam

Bagi penderita demam tinggi, ciuman mungkin bisa jadi pilihan untuk meredakannya. Sebuah studi Jepang yang dipublikasikan dalam Physiology and Behavior pada tahun 2003 menunjukkan bahwa ketika pasien yang menderita dermatitis atopik atau rhinitis alergi melakukan sesi 30 menit ciuman, gejala penyakit mereka, termasuk gatal-gatal dan kadar neurotropi plasma mereda.

 

Source: Kompas


Copyright @2015