Jumat, 14 Juli 2017 11:50 WIB

Gemar Wisata Kuliner, Ini Tempat Makan Favorit Zumi Zola

 Gemar Wisata Kuliner, Ini Tempat Makan Favorit Zumi Zola
Gubrnur Jambi, Zumi Zola

SR28JAMBINEWS - Jambi juga punya beberapa sentra makanan enak. Ada sate, pempek hingga jagung bakar yang enak favorit Zumi Zola.

Kalau Gunung Kerinci dan Danau Kaco jadi ikon pariwisata, Jambi punya beberapa ikon makanan yang populer. Mulai dari pempek, tempoyak hingga kue padamaran. 

Untuk mencicip sajian kuliner enak di Jambi Anda bisa mampir ke sentra kuliner. Salah satunya adalah yang berada di daerah Murni dan Ancol. Di daerah Murni ada banyak penjual makanan enak seperti tekwan, burgo, mie celor dan juga sate. 

Selain itu, ada juga daerah favorit gubernur Jambi dan sang istri yaitu di Kawasan Ancol, Jambi. "Tepat di depan rumah dinas Gubernur Jambi setiap malam ada yang jual makanan tradisional enak dan juga jagung bakar," ujar Zumi.

Akan tetapi fasilitasnya belum memadai. Menurut Zumi, jika sudah hari Sabtu dan Minggu, tempat ini selalu padat dikunjungi masyarakat. Jalan jadi tertutup dan menimbulkan kemacetan karena mobilpun susah melewati kawasan ini.

"Dengan adanya hal ini saya melihat ini bisa menjadi roda perekonomian masyarakat setiap hari, tidak hanya weekend saja. Rencananya di tahun ini kita akan membangun tempat kuliner ini sehingga lebih bagus dan nyaman," pungkas gubernur muda ini.

Karena bangunannya ada di pinggir sungai Batanghari dan dekat dengan jembatan Gentala Arasy, bukan hanya orang Jambi saja yang datang tetapi juga masyarakat dari berbagai daerah. 

"Saya malam mingguan makan dengan istri juga pernah bertanya ke beberapa orang. Saya tanya darimana, ada yang datang dari Padang, Palembang dan Banyuasin. Pedagang di situ sudah puluhan tahun, dari masa orang tua saya jadi gubernur sampai sekarang tetap orang itu juga. Kadang turun ke anaknya, jualan lagi dia di situ," ungkap ayah dua anak ini.

Zumi juga nantinya merencanakan pemanfaatan lapangan ex MTQ yang luas sekitar 5 hektar yang belum terfungsikan. Rencananya, di lokasi ini akan dibuat rumah-rumah adat dari setiap kabupaten kota. 

Tidak hanya bentuk rumah adat, akan tetapi bisa kita fokuskan pada kulinernya. Karena tempatnya dekat dengan bandara Sultan Thaha Saifudin. Para wisatawan lokal ataupun mancanegara bisa datang untuk melihat dan bisa jadi ikon pariwisata Jambi.

"Cuma saat ini belum dan biayanya juga cukup besar. Saya butuh waktu untuk membuat konsep supaya nanti bisa jadi salah satu ikon pariwisata saat turis-turis datang ke Jambi," tambah Zumi.

 

Source: Detik


Copyright @2015