Kamis, 20 Juli 2017 12:07 WIB

Upaya Trump Hapus Jaminan Kesehatan Obama Care Gagal Total

 Upaya Trump Hapus Jaminan Kesehatan Obama Care Gagal Total
Presiden AS, Donal Trump

WASHINGTON DC - Donald Trump terpaksa menelan pil pahit setelah gagasannya untuk menghapus Obamacare, jaminan kesehatan yang dibuat Presiden Barack Obama, batal terwujud.

Dilansir AFP, Partai Republik gagal mencapai kesepakatan untuk mengajukan draf kebijakan kesehatan gagasan Trump sebelum dibahas di Kongres. Sebanyak 33 anggota parlemen dari Partai Republik menolak rancangan tersebut. Akibatnya, Partai Republik menarik kembali draf yang seharusnya menjadi pengganti Obamacare.

Ketua Kongres AS, Paul Ryan menjelaskan bahwa hasil tersebut telah dibicarakan kepada presiden yang juga koleganya di Partai Republik. “Saya dan presiden telah bicara tentang hal ini pada sore hari. Presiden meminta saya selaku ketua Kongres untuk menarik rancangan undang-undang,” ujar Paul Ryan pada Jumat (24/3).

Situasi memang sedang tidak berpihak kepada Trump. Kurangnya dukungan dari partainya sendiri membuat pembahasan darf kesehatan baru mustahil untuk dimenangkan. Apalagi, seluruh anggota Partai Demokrat kompak menjaga kebijakan warisan Obama tersebut.

Kegagalan ini mencoreng kepemimpinan Trump sebagai Presiden Amerika Serikat yang baru berlangsung dua bulan. Trump dianggap terlalu memaksakan kehendak atas rancangan undang-undang ini tanpa melihat situasi politik di dalam Kongres.

Kegagalan ini direspons Trump dengan amarah. Trump jelas tidak senang dengan kegagalannya kali ini. Penghapusan Obamacare adalah salah satu janji politik yang dia dengungkan sejak kampanye pemilihan presiden AS tahun 2016.

Saat menyampaikan pernyataan pers di Gedung Putih, Trump menyinggung semua pihak yang menggagalkan keinginannya, baik itu kubu Partai Demokrat maupun Republik. Partai Demokrat ia sebut sebagai ‘pecundang’.

“Sekarang mereka bisa memiliki Obamacare sepenuhnya, 100 persen,” sindir Trump.

Partai Republik juga tidak luput dari gertakannya. Trump merasa dikhianati oleh koleganya dari Partai Republik. “Hari ini pelajaran bagi kita semua. Dan hari ini juga kita belajar soal loyalitas,” ujarnya.

Source: Kumparan

Upaya | Trump | Hapus | Jaminan |

Copyright @2015