Kamis, 03 Agustus 2017 09:36 WIB

Pemprov Jambi Dukung Pemanfaatan Geothermal Kerinci

 Pemprov Jambi Dukung Pemanfaatan Geothermal Kerinci
IIGCE 2017 di Jakarta

JAKARTA(SR28) - Penjabat Sekretaris Daerah (Pj.Sekda) Provinsi Jambi, Drs.H.Erwan Malik, MM mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi mendukung pemanfaatan energi panas bumi (geothermal) Kerinci untuk menambah pasokan energi listrik di Provinsi Jambi, yang tentunya mendukung perekonomian Provinsi Jambi. Hal itu disampaikan oleh Erwan Malik saat menghadiri The 5th Indonesia International Geothermal Convention & Exhibition (IIGCE) 2017, yang bertempat di Jakarta Convention Center, Rabu (2/8) pagi.

IIGCE 2017 dibuka oleh Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia, H.M.Jusuf Kalla dan dihadiri oleh Wakil Ketua DPR RI, Menteri ESDM, Direktur Jenderal Energi Baru dan Terbarukan PTKI, para Duta Besar Negara Sahabat, serta puluhan undangan lainnya.

Indonesia International Geothermal Convention and Exhibition merupakan forum tahunan bagi pemangku kepentingan untuk berkumpul dan berdiskusi serta mencari terobosan bersama, untuk pemanfaatan energi baru dan terbarukan dan konservasi energi secara optimal.

Dalam sambutannya, Wapres, Jusuf Kalla menyampaikan bahwa kebutuhan listrik ditengah masyarakat akan terus berkembang dengan cepat dan terus-menerus naik dalam masa mendatang. Meningkatnya kebutuhan akan listrik ini diimbangi dengan berkurangnya fosil dan minyak batu bara. "Oleh karena itu, kita harus terus meningkatkan inovasi dan terobosan-terobosan yang berdaya saing," ungkap Jusuf Kalla.

Menanggapi hal tersebut, Pj.Sekda Provinsi Jambi, H.Erwan Malik menyampaikan bahwa Jambi juga mempunyai geothermal yaitu di Kabupaten Kerinci. 
"Kita ada geothermal di Kerinci dan sekarang sudah tahap eksploitasi menjadi energi baru dan terbarukan yang untuk masa akan datang memang sangat menjadi andalan karena energi-energi seperti fosil akan habis," ujar Erwan Malik.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa Pemerintah Pusat mendorong pengembangan energi-energi baru dan terbarukan, misalnya geothermal di Kerinci. “Di Kerinci ada Gunung Kerinci, gunung api, dan seperti inilah yang harus kita manfaatkan. Di Provinsi Jambi ada dua, satu di Tebo satu di Kerinci, yang sudah mau eksploitasi di Kerinci," pungkas Erwan Malik.

Reporter: Humas Pemprov | Redaktur: Agus Sholihin


Copyright @2015