Kamis, 03 Agustus 2017 09:47 WIB

Zola: Program Siswa Mengenal Nusantara Tingkatkan Kecintaan Terhadap Indonesia

 Zola: Program Siswa Mengenal Nusantara Tingkatkan Kecintaan Terhadap Indonesia
Zola saat menyambut Siswa dari Palangkaraya

JAMBI(SR28) - Gubernur Jambi, H. Zumi Zola Zulkifli,S.TP,MA mengungkapkan, program pertukaran pelajar yang dilakukan oleh PT Angkasa Pura II dan PT Perkebunan Nusantara VI sangat bagus untuk meningkatkan kecintaan generasi muda kepada tanah air, Indonesia dengan beragam budaya yang ada. Zola sangat mengapresiasi program pertukaran pelajar yang dilaksanakan oleh PT Angkasa Pura II dan PTPN VI tersebut. Hal tersebut diungkapkan Gubernur Zola saat menerima Siswa Mengenal Nusantara yang berasal dari Palangkaraya, Kalimantan Tengah, bertempat di VIP Room Bandara Sultan Thaha Syaifuddin Jambi, Senin (31/07/2017) siang.

Program Siswa Mengenal Nusantara merupakan program kerjasama PT Angkasa Pura II dengan PT Perkebunan Nusantara VI yang berlangsung dari tanggal 24 Juli s/d 1 Agustus 2017 dengan peserta sebanyak 22 orang siswa siswi SMA/SMK dan SLB, 2 orang guru pendamping, serta 1 orang pendamping dari Dinas Pendidikan yang berasal dari Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

Gubernur Zola menyampaikan, tentunya sangat banyak perbedaan antara Sumatera dan Kalimantan, selama berada di Provinsi Jambi pasti banyak hal hal baru yang bisa dijumpai. “Saya berharap, hal-hal baru yang ditemui dapat bermanfaat bagi kalian semua, begitu pula siswa siswi dari Provinsi Jambi yang datang ke Provinsi Kalimantan Tengah,” ujar Zola.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada PT Angkasa Pura II dan PT Perkebunan Nusantara VI yang telah melaksanakan pogram ini, Pemerintah Provinsi Jambi melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jambi sangat mendukung sekali program ini serta akan memfasilitasi apa yang dibutuhkan,” ungkap Zola.

Gubernur Zola menerangkan, untuk mengenal Provinsi Jambi, tidak cukup waktu satu minggu yang diberikan, karena para siswa siswi ini baru mengunjungi daerah-daerah yang dekat, belum sampai ke Kabupaten Kerinci yang merupakan branding wisata Provinsi Jambi dengan wisata alamnya yang sangat menarik serta banyak kekayaan budaya yang ada.

“Saya hanya memberikan masukan, untuk kedepannya, program seperti ini dapat disesuaikan dengan event-event yang akan dilaksanakan oleh Provinsi Jambi, seperti Festival Candi Muaro Jambi atau Festival Danau Kerinci yang kemarin telah berlangsung sangat meriah dan dihadiri oleh beberapa negara tetangga, Malaysia dan Singapura serta wisatawan mancanegara lainnya,” terang Zola.

Gubernur Zola mengharapkan siswa siswi yang telah mendapatkan pengalaman di Provinsi Jambi menceritakan pengalaman-pengalamannya kepada keluarga dan teman-teman yang berada di Palangkaraya serta mempromosikan Provinsi Jambi, hal ini juga pasti akan dilakukan oleh siswa siswi dari Provinsi Jambi yang mengikuti program siswa mengenal nusantara ke Palangkaraya, pasti akan menceritakan kepada keluarga dan teman temannya seperti apa Palangkaraya.

Lebih lanjut, Gubernur Zola mengatakan, program ini memiliki tujuan agar generasi muda lebih mengenal dan mencintai nusantara, kekayaan keanekaragaman adat dan budaya yang tidak dimiliki oleh negara lainnya.

General Manager PT Angkasa Pura II Cabang Jambi, Joni Mukhtar mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Jambi serta semua pihak yang telah mendukung program siswa mengenal nusantara, tidak lupa juga ucapan terima kasih kepada siswa siswi dari Palangkaraya yang secara antusias mengikuti program siswa Mengenal Nusantara.

“Saya mengharapkan kepada siswa siswi yang telah mengikuti program siswa Mengenal Nusantara ini, menjadi pengalaman berharga yang telah banyak belajar tentang Provinsi Jambi serta menceritakan apa-apa yang didapat selama di Provinsi Jambi,” harap Joni.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi, Agus Herianto,MM mengatakan, dalam program siswa mengenal nusantara ini, Provinsi Jambi juga telah mengirimkan 22 orang siswa siswi SMA/SMK dan SLB ke Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Kegiatan yang telah dilaksanakan oleh siswa siswi dari Palangkaraya ini antara lain, mengunjungi SMA Negeri 5 Jambi, SMK Negeri 4 Jambi serta tempat wisata seperti Candi Muaro Jambi, Museum Siginjai dan Museum Perjuangan.

“Siswa siswi ini sengaja ditempatkan di home stay kita yang berada di Desa Olak Kemang, Kota Seberang dengan tujuan dapat menerima informasi secara langsung tentang kehidupan masyarakat Jambi,” ujar Agus.

Lebih lanjut, Agus juga mengatakan, waktu seminggu merupakan waktu yang sangat singkat untuk mengenal Provinsi Jambi, dan mengharapkan kepada PT Angkasa Pura II dan PT Perkebunan Nusantara VI untuk program kedepannya memberikan waktu yang lebih lama agar siswa siswi dari luar dapat mengenal Provinsi Jambi lebih dalam lagi. 

Reporter: Humas | Redaktur: Agus Sholihin Abar


Copyright @2015