Kamis, 03 Agustus 2017 10:54 WIB

Akibat Mutasi Genetik Langka, Rambut Bocah 2 Tahun Mirip Albert Einstein

 Akibat Mutasi Genetik Langka, Rambut Bocah 2 Tahun Mirip Albert Einstein
Rambut Jaili Lamb mirip Albert Einstein (Foto: The

SEORANG gadis berusia 2 setengah tahun bernama Jaili Lamb asal Amerika Serikat memiliki rambut putih cerah yang kusut dan selalu berdiri tegak.

Hal ini karena dia menderita mutasi genetik langka yang disebut 'uncombable hair syndrome' atau UHS. Karena UHS, rambut bocah lucu tersebut menjadi tidak menentu bentuknya. Kabarnya, kondisi ini juga dialami oleh si manusia jenius, Albert Einstein.

Ibu Jaili, Sara Lamb telah menghabiskan ratusan dolar untuk membeli 20 produk sampo demi meluruskan rambut putrinya sebelum mendapatkan diagnosis. Dia pernah membaca tentang kabar bocah kembar dengan sindrom serupa, sehingga mengira Jaili mungkin mengalami hal yang sama.

(Foto: Zeenews)

Sara Lamb mengirim sampel DNA mereka ke Institute for Human Genetics di Universitas Bonn, bulan lalu. Hasilnya terungkap minggu lalu, bahwa Sara Lamb membawa 1 dari 3 gen yang diketahui menyebabkan kondisi putrinya memiliki UHS. "Sindrom ini adalah masalah yang langka," ujar profesor dermatologi di University of Sheffield, Andrew Messenger yang dikutip Zeenews, Senin (24/7/2017).

Sebuah studi baru-baru ini telah menunjukkan, kondisi langka UHS disebabkan oleh perubahan, yang dikenal sebagai mutasi, pada 3 gen dalam memproduksi protein rambut. Dikatakan, tidak ada perawatan medis untuk sindrom rambut ini, tapi akan membaik seiring bertambahnya usia.

Jaili bukan satu-satunya

Phoebe Braswell, bocah perempuan berusia 21 bulan itu, rambutnya tetap saja berdiri tegak meskipun habis mandi atau diberikan gel. Kondisi tersebut sudah dialami Phoebe sejak lahir, tepatnya saat dia berusia 3 bulan.

Diagnosa pada perempuan ini pun sama seperti Jaili, yaitu menderita UHS. Kondisi tersebut membuat folikel rambut Phoebe tumbuh berbeda. Selalu kaku dan jabrik tidak bisa diturunkan, sehingga rambutnya sulit sekali untuk disisir.

Phoebe Braswell (Foto: Dailymail)

Efek yang paling terlihat adalah rambut Phoebe menjadi terlihat kusut dan seperti tak terawat. Meski kenyataanya tidak demikian. Sang ibu, Jamie Braswel, mengungkapkan bahwa saat mereka sekeluarga sedang pergi biasanya orang akan mengomentari rambut Phoebe.

"Saya sering dianggap tidak bisa mengurus anak, ini karena tampilan rambut Phoebe yang selalu terlihat berantakan. Sejak bangun tidur hingga pergi tidur lagi, rambutnya akan tetap seperti itu," ungkap Jamie, seperti dikutip dari SWNS.

Phoebe sendiri, menurut sang ibu tak pernah terlihat terganggu dengan kondisi rambutnya. Gadis manis itu justru sangat menyukai rambut uniknya karena terlihat seperti karakter Poppy dari film Trollz favoritnya.

"Saya sudah mencoba berbagai produk kesehatan rambut untuk mengatasi kondisi Phoebe, tapi sejauh ini belum ada yang berhasil," terang Jamie.

Jamie pertama kali mengetahui ada sesuatu yang berbeda pada rambut Phoebe saat putrinya berusia 3 bulan. Saat itu dia menyadari setiap helai rambut Phoebe tampak berbeda dari anak seumurannya. Teksturnya lebih tebal dan kasar. Rambutnya pun tidak bisa disisir. 

Source:Okezone


Copyright @2015