Jumat, 04 Agustus 2017 09:54 WIB

Tips Bagi Orangtua Yang Ingin Anaknya Diimunisasi Campak-Rubela

 Tips Bagi Orangtua yang Ingin Anaknya Diimunisasi Campak-Rubela
Ilustrasi Istimewa

JAKARTA – Kepala Suku Dinas Kesehatan (Kasudinkes) Jakarta Pusat, Yudhita Endah memberikan tips bagi orangtua yang ingin anak-anaknya diberikan vaksin imunisasi campak dan Rubela (measless Rubella).

“Jadi untuk mendapatkan layanan imunisasi MR, harus ada beberapa hal yang perlu diperhatikan warga sebelum melakukan imunisasi,” kata Yudihta di SMP Negeri 77, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Kamis (3/8).

Hal yang harus diperhatikan sebelum imunisasi adalah, orangtua harus memastikan kondisi anak harus dalam keadaan prima. Jangan sampai anak yang akan diimuniasasi belum makan.

“Harus dipastikan anak sudah makan ya. Supaya kondisinya prima saat menerima vaksin imunisasi MR,” ujarnya.

Kemudian, orangtua juga harus menginformasikan pada petugas layanan ini mengenai riwayat penyakit anak. Sehingga petugas dapat memastikan penangan tepat bagi anak.

Setelah imunisasi dilakukan terhadap anak, tunggu sekitar 30 menit dilokasi imunisasi untuk memastikan reaksi dari imunisasi tersebut. Sehingga bila terjadi reaksi negatif bisa langsung ditangani ditempat.

"Jadi bisa ditunggu dulu sekitar 30 menit untuk melihat ada kejadian lanjutan atau tidak pasca-imunisasi seperti demam tinggi, kejang pembengkakan diarea suntikan," jelasnya.

Yuditha menegaskan, bila anak mengalami kejadiaan bawaan setelah melakukan Imunisasi segera bawa anak pada RS rujukan seperti Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kecamatan Kemayoran, RSUD Kecamatan Cempaka Putih, RSUD Kecamatan Tanah Abang, RSUD Kecamatan Johar Baru, RSUD Kecamatan Sawah Besar dan RSPAD Gatot Subroto.

Source: Beritasatu

Tips | Bagi | Orangtua | yang |

Copyright @2015