Jumat, 11 Agustus 2017 14:25 WIB

Gubernur Lepas Kontingen Kwarda Jambi Ke Raimuna Nasional 2017

 Gubernur Lepas Kontingen Kwarda Jambi Ke Raimuna Nasional 2017
Gubernur Zola saat melepas Kontingen Kwarda Jambi

KOTAJAMBI(SR28) - Gubernur Jambi, H.Zumi Zola,S.TP,MA mengemukakan bahwa Pramuka merupakan salah satu solusi untuk menangkal arus globalisasi. Hal itu disampaikan oleh Zola dalam Pelepasan Kontingen Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jambi pada Raimuna Nasional XI Tahun 2017 ke Cibubur Jakarta Timur, bertempat di Lapangan Depan Kantor Gubernur Jambi, Kamis (10/8).

Gubernur mengatakan, Pramuka menjadi salah satu solusi untuk menangkal arus globalisasi dan menjadi wadah pengembangan karakter generasi muda, dan Gerakan Pramuka merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari upaya untuk membangun rasa cinta bangsa dan rasa cinta tanah air, serta wahana untuk menempa keterampilan dan pengetahuan, memupuk jiwa disiplin, dan membina semangat kebersamaan.

"Seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang kian marak, saya menghimbau kepada para pembina dan pelatih Pramuka agar dalam menjalankan tugasnya senantiasa berinovasi dan berkreasi serta berusaha mengikuti perkembangan zaman. Sebagai contoh pesatnya perkembangan teknologi informasi yang ditandai dengan maraknya penggunaan sosial media dikalangan generasi muda, maka kegiatan-kegiatan Pramuka harus bisa memanfaatkan media tersebut untuk selanjutnya diarahkan ke hal yang bersifat edukatif sesuai dengan falsafah Gerakan Pramuka, sehingga gerakan Pramuka memiliki daya tarik sebagai kegiatan yang menyenangkan bagi anak-anak dan remaja," ujar Zola.

Generasi muda, lanjut gubernur, harus memiliki karakter berpengetahuan dan berketerampilan agar kelak tumbuh dan berkembang menjadi generasi penerus yang akan membawa bangsa Indonesia menjadi bangsa yang unggul. “Untuk menjadi bangsa yang unggul, kita harus memiliki tiga modal dasar yaitu harus mandiri, harus berdaya saing, dan memiliki peradaban yang luhur, dan apa yang diajarkan dalam kegiatan kepramukaan ini sesungguhnya ditujukan untuk membentuk tiga modal dan saat ini," ungkap Zola.

Gubernur menjelaskan bahwa menyadari akan pentingnya peranan Gerakan Pramuka dalam proses pembangunan generasi muda yang berkualitas maka dihimbau kepada seluruh elemen masyarakat dengan niat suci bersama-sama dengan pemerintah bergandengan tangan untuk memajukan Gerakan Pramuka di Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah. "Generasi muda yang sehat dan cerdas merupakan modal utama untuk mewujudkan Provinsi Jambi yang Tertib Unggul Nyaman Tangguh Adil dan Sejahter, Jambi TUNTAS tahun 2021," ujarnya.

Zola mengapresiasi pengurus Kwarda dan Kwarcab Gerakan Pramuka di Provinsi Jambi yang mempersiapkan dan menyeleksi para peserta dari seluruh kabupaten kota se Provinsi Jambi ."Oleh karena itu, saya berpesan agar kalian dapat menjaga dan menjunjung nama baik daerah, tunjukkan kepada semua peserta bahwa kalian merupakan Duta Pramuka pilihan dari Provinsi Jambi dan siap mengharumkan nama daerah di kancah nasional,"harap Zola.

Selanjutnya, Zola berpesan, mengingat event yang akan diikuti ini merupakan event nasional maka para peserta juga harus memiliki jiwa sportivitas serta solidaritas dengan sesama peserta yang berasal dari berbagai daerah di belahan bumi pertiwi . "Sudah barang tentu setiap peserta berbeda dalam adat budaya dan tradisi, untuk itu dalam jiwa kalian harus tertanam semangat Bhinneka Tunggal Ika yang berarti meskipun kalian yang berbeda-beda namun tetap satu jua," pungkasnya.

Sebelumnya, Kakwarda Provinsi Jambi Kolonel Inf.Sutrisno menjelaskan bahwa kegiatan pramuka yang dinamakan Raimuna Nasional akan dilaksanakan di Cibubur Jakarta Timur pada tanggal 13 s.d 21 Agustus 2017 dan akan dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Sutrisno menuturkan, Provinsi Jambi akan mengirimkan kontingen yang terdiri dari 11 Kwartir Cabang yaitu peserta pria 120 orang, peserta putri 119 orang ,staf Kontingen 20 orang, staf dukungan kontingen 170 orang, jadi total keseluruhannya 429 orang

"Keberangkatan kontingen akan dibagi menjadi dua wilayah yaitu wilayah barat yang terdiri dari Kerinci, Sungai Penuh, Bungo, Sarolangun, Merangin yang akan dilepas pada tanggal 10 Agustus oleh Bupati Merangin, sedangkan wilayah Timur berasal dari Tanjung Jabung Barat, Tanjung Jabung Timur, Kota Jambi, Muaro Jambi, Batanghari, dilepas oleh Gubernur Jambi selaku Kamabida Gerakan Pramuka Provinsi Jambi," ujar Sutrisno.

Reporter: Humas | Redaktur: Agus Sholihin Abar

Gubernur | Lepas | Kontingen | Kwarda |

Copyright @2015