Sabtu, 12 Agustus 2017 13:15 WIB

Wagub Jambi Harap MTQ Dorong Masyarakat Realisasikan Nilai Al Quran

 Wagub Jambi Harap MTQ Dorong Masyarakat Realisasikan Nilai Al Quran
Wagub hadiri penutupan MTQ di Tanjab Timur

SABAK(SR28) - Wakil Gubernur (Wagub) Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum berharap agar penyelenggaraan Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) mendorong dan memberikan semangat bagi masyarakat untuk mempelajari terutama merealisasikan nilai Al-Qur’an. Harapan tersebut disampaikan Wagub saat menutup Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) Tingkat Provinsi Jambi ke-47 Tahun 2017, bertempat di Gelanggang Olah Raga (GOR) Paduka Berhala, Kelurahan Parit Culum I Kecamatan Muara Sabak Barat, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Jum'at (11/08/2017) malam.

Wagub mengungkapkan, antusias yang ditunjukkan masyarakat Jambi dan besarnya minat peserta dalam mengikuti MTQ menggambarkan tentang keyakinan dan kecintaan terhadap kitab suci Al-Qur'an.

"Alhamdulillah, penyelenggaraan MTQ Tingkat Provinsi Jambi ke-47 dari mulai pembukaan sampai dengan penutupan, telah berjalan sukses, aman, tentram dan nyaman serta pelaksanaannya lebih baik dari tahun sebelumnya," tutur Wagub.

Wagub menyampaikan, melalui penyelenggaraan MTQ di Bumi Sepucuk Nipah Serumpun Nibung ini, umat Islam yang ada Provinsi Jambi diharapkan semakin memantapkan dan memperkokoh keimanannya, bahwa Al-Qur'an merupakan petunjuk ke jalan yang benar, jalan yang diridhoi oleh Allah SWT.

"Rangkaian kegiatan MTQ ini bisa dijadikan sebagai salah satu daya ungkit untuk meningkatkan kecintaan kita terhadap Al-Qur'an, mendorong untuk memahami isinya, dan yang paling penting adalah merealisasikan pemahaman tersebut didalam kehidupan kita sehari hari," ujar Wagub.

Wagub meminta seluruh masyarakat Jambi untuk menjadikan kegiatan MTQ ini sebagai momentum yang sangat strategis dalam upaya melakukan pendidikan ke arah kehidupan yang lebih baik.

Lebih lanjut, Wagub berharap agar MTQ dijadikan semangat bagi generasi muda dalam menggali nilai-nilai ajaran yang terkandung di dalam Al-Qur'an untuk diamalkan, sehingga tercipta generasi generasi muda yang santun, cerdas, berbudi, dan berakhlak mulia.

Bupati Tanjung Jabung Timur, H.Romi Hariyanto,SE menyampaikan, pelaksanaan MTQ merupakan sebuah wahana dalam rangka memacu pengembangan tilawah, hafalan serta pendalaman isi Al-Qur'an.

"Kegiatan MTQ akan menjadi sia-sia, jika tidak meninggalkan bekas dan pengaruh ditengah masyarakat. Oleh karena itu, diperlukan perhatian, keterlibatan dan tanggung jawab kita semua agar penyelenggaraan MTQ memberikan manfaat dan makna yang positif terhadap masyarakat," ujar Romi.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi, Drs.H.M.Thahir,M.HI mengharapkan, dengan terselenggaranya MTQ Tingkat Provinsi Jambi, bisa membuat semangat masyarakat untuk membaca, memahami, serta mengamalkan isi kandungan yang ada didalam Al-Qur'an terus meningkat dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jambi, Hj.Rahima Fachrori Umar turut serta dalam penutupan MTQ tersebut, yang mendampingi Wagub memberikan piala kepada para pemenang berbagai lomba yang digelar dalam MTQ ke-47 Tingkat Provinsi Jambi Tahun 2017 tersebut.

Kota Jambi menjadi juara umum pada MTQ Tingkat Provinsi Jambi ke-47 Tahun 2017 yang telah berlangsung dari tanggal 05 Agustus 2017. MTQ Tingkat Provinsi Jambi ke-48 Tahun 2018 akan dilaksanakan di Kabupaten Batanghari. 

Reporter: Humas| Redaktur: Agus Sholihin Abar


Copyright @2015