Kamis, 17 Agustus 2017 15:08 WIB

Tangis Haru Warnai Upacara HUT RI Di Kantor Gubernur Jambi

 Tangis Haru Warnai Upacara HUT RI Di Kantor Gubernur Jambi
Upacara HUT RI dilapangan kantor Gubernur

KOTAJAMBI(SR28) - Pelaksanaan upacara bendera Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang pagi tadi dilaksanakan dilapangan Kantor Gubernur Jambi tampak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Jika sebelumnya hanya upacara secara khidmat dan dilanjutkan atraksi oleh Marching Band maupun Unjuk Kebolehan oleh TNI, tahun ini Parade yang menggambarkan perjuangan rakyat Jambi dibawah Kesulthanan Sulthan Thaha digelar oleh Korem 042 Gapu yang dibantu oleh berbagai  macam eelemen masyarakat dan  pelajar.

Dalam parade tersebut digambarkan bahwa kejahatan Belanda terhadap rakyat pribumi sangatlah kejam. Mulai dari mempekerjakan paksa hingga membunuh secara sadis terhadap pribumi yang tidak sejalan dengan kepentingannya.

Sedikitnya terdapat 2 kali peperangan yang dimenangkan oleh tentara Belanda.

Sulthan Thaha yang memimpin Jambi ketika itu harus wafat setelah Tentara Belanda menyerangnya secara bertubi-tubi.

Meski telah wafat,  namun semangat rakyat Jambi ketika itu dalam melawan Belanda semakin kuat. Hal tersebut tampak dari persiapan menjelang pertempurang yang kian matang.

"Ada yang beda dari tahun-tahun sebelumnya, tadi sama-sama kita lihat Parade.  Ternyata begitu berat perjuangan untuk bisa merdeka" ungkap Zola kepada SR28.

Berdasarkan ppengamatan kami dilapangan tampak ketua DPRD Provinsi Jambi Cornelis Buston, para tamu undangan dan tamu menghapus air mata merek.

Reporter: M.Sidik | Redaktur: Agus Sholihin Abar

Tangis | Haru | Warnai | Upacara |

Copyright @2015