Jumat, 18 Agustus 2017 09:44 WIB

Warna Air Sungai Bah Bolon Sudah Kembali Normal

 Warna Air Sungai Bah Bolon Sudah Kembali Normal
sungai bah bolon kembali normal

SR28JAMBINEWS.COM - Setelah dua jam air sungai Bah Bolon Simalungun, Sumatera Utara, menjadi merah, Senin (7/8) sore sekitar pukul 15.30 WIB, kini warna air sungai terlihat kembali normal.

 warga di sepanjang aliran sungai Bah Bolon yang bermukim di Jalan Pane, Jalan Diponegoro dan Jalan Gereja, kembali tenang. Sebelumnya, warga sempat resah dengan perubahan warna air sungai tersebut.

Sejumlah warga mengaku sudah lega. Karena ternyata perubahan warna air sungai Bah Bolon disebabkan adanya pembuangan limbah pewarna kain ke sungai.

"Untunglah warna air sungai Bah Bolon sudah normal kembali. Saya sempat juga resah dengan perubahan air sungai menjadi merah, karena saya setiap hari mandi di sungai," ujar Linggom Panjaitan, warga Jalan Gereja.

Meskipun warna air sungai Bah Bolon sudah normal kembali, pihak Badan Lingkungan Hidup Pemkot Pematangsiantar tetap melakukan penelitian penyebab perubahan warna air sungai menjadi merah.

Kepala Badan Lingkungan Hidup Pemkot Pematangsiantar, Jekson Gultom mengatakan, pihaknya sudah mengirimkan sampel atau contoh air ke laboratorium uang diteliti.

Sejauh ini belum dapat disimpulkan penyebab perubahan air sungai Bah Bolon meskipin informasi yang beredar karena pewarna kain yang dibuang ke sungai. Namun untuk memastikannya masih harus ditunggu hasil pemeriksaan laboratorium.

"Sebab sampel airnya sudah dikirim, sedang diteliti saat ini, nanti jika hasinya sudah ada saya informasikan, sehingga penyebab pastinya diketahui," sebut Jekson

Doa Mandi wajib

Source: Sindonews

Warna | Air | Sungai | Bah |

Copyright @2015