Senin, 21 Agustus 2017 22:43 WIB

Polisi Berhasil Gagalkan Ratusan Bal Rokok Ilegal Di Perairan Jambi

 Polisi Berhasil Gagalkan Ratusan Bal Rokok Ilegal di Perairan Jambi
351 ball rokok ilegal diamankan Polisi

TUNGKAL(SR28) - Senin 21 Agustus 2017 jajaran Polair Mabespolri bersama Pol Air Polda Jambi berhasil menggagalkan penyelundupan 351 Bal Rokok Ilegal tanpa Bea Cukai dengan merek Lufman dan H-Mail yang dibawa dari Batam menuju Pulau Kijang, kabupaten Indara Giri Hilir (Inhil) oleh anak buah kapal Tamapa KM.

Hal ini dibenarkan oleh Dirpolair Polda Jambi Kombes Pol Yosi Muhamarta. Rokok ilegal tanpa cukai tersebut diamankan sekitar pukul 01.00 Wib dibongkar melaui kawasan pelabuhan Marina (KPM) Kuala Tungkal, kabupaten Tanjab Barat kemudin dibawa Kepolda Jambi untuk diamankan.

"Kapal yang bermuatan rokok ilegal tanpa cukai ini kita tangkap diperairan Probinsi Jambi saat melintasi perairan Provinsi Jambi, yang mana kapal tersebut dari kepulauan Riau Batam menuju ke daerah Pulau Kijang, Kabupaten Indara Giri Hilir (Inhil) yang diaman kan oleh Polisi Polair Mabes Polri, dan saat ini rokok Illegal ini  kita amankan melalui Kawasan Pelabuhan Marina (KPM) Kuala Tungal, untuk dicek isinya," terang Kombes Pol Yosi.

Rokok Illegal yang diamankan tersebut berjumlah 351 Ball. Selain itu Polisi juga mengamankan  tujuh orang Anak Buah Kapal (ABK).

Sementara itu siapa pemilik rokok tersebut masih dilakukan penyelidikan lebih lanjut.

"Karena kita baru dapat informasi dari ABK yang diamankan, rokok yang mereka bawa dari Batam ke pulau Inhil ini tidak ada pemiliknya," ungkap Yosi.

Adapun barang bukti saat ini diamankan ke Mapolda Jambi. Kombes Pol Yosi juga menghimbau kepada masyarakat apa bila mengetahui ada tindak pidana atau hal-hal pelanggaran, terutama masalah penyeludupan barang-barang barang ilegal agar dapat memberikan informasi kepada Polisi.

"Kepada masyarakat jangan suka membeli barang Illegal, seperti rokok ini sudah jelas tidak ada cukainya dan tidak ada incomnya untuk negara" tegasnya.

Akibat perbuatannya para tersangka akan dikenakan Undang-Undang Pelayaran, Undang-undang Perdagangan, serta UU soal Bea Cukai.

Reporter: Sabri | Redaktur: Agus Sholihin Abar

Polisi | Berhasil | Gagalkan | Ratusan |

Copyright @2015