Senin, 28 Agustus 2017 16:38 WIB

Mau Bahagia Setiap Hari? Ubah Dulu Gaya Hidup Anda

 Mau Bahagia Setiap Hari? Ubah Dulu Gaya Hidup Anda
Copyright Pixabay

SR28JAMBINEWS.COM - Setiap orang pasti ingin hidup bahagia, tapi gimana caranya? Berikut tips nya untuk anda.

  1. Ubahlah lingkungan. Bisa jadi belakangan ini sedang ada masalah dalam kehidupan Anda. Bisa juga Anda hanya ingin merasa sedikit lebih bahagia setiap hari. Anda hanya perlu membuat perubahan kecil. Jika lingkungan Anda berubah, perasaan Anda pun akan berubah. Anda tidak perlu takut terhadap perubahan.

    • Perubahan lingkungan bisa jadi perubahan besar. Misalnya, kalau Anda dan pasangan kekurangan ruang, pindahlah ke apartemen yang lebih besar agar hidup Anda lebih nyaman.
    • Perubahan ini bisa juga kecil. Setiap pagi, letakkanlah bunga segar hasil petikan sendiri di ruang keluarga Anda. Anda dapat merasa lebih bahagia hanya dengan melirik bunga-bunga itu.
  2. Makan siang di tempat lain. Banyak orang memilih makan siang di meja kerja atau bahkan sekalian tidak makan siang. Kalau Anda lanjut bekerja saat jam makan siang, Anda malah akan merasa stres dan produktivitas Anda pun akan berkurang. Beranjaklah dari meja kerja Anda dan carilah makan.

    • Anda tak perlu "pergi" makan ke kantin atau warung. Pindah tempat saja sudah cukup. Misalnya, makan di dapur kantor. Atau kalau tidak hujan, makanlah di luar.
    • Lakukan sesuatu yang Anda sukai. Istirahat makan siang harus jadi jam istirahat. Jika Anda mengobrol dengan rekan kerja, hindari berbicara tentang pekerjaan. Bicarakanlah rencana liburan akhir pekan yang sudah lama Anda siapkan itu. Anda juga dapat makan sambil membaca majalah.
  3. Kelilingi diri Anda dengan orang-orang positif. Kadang perasaan senang itu menular. Di sisi lain, sikap negatif juga menular. Kalau Anda ingin merasa lebih bahagia, habiskanlah waktu dengan orang-orang yang tampak sudah bahagia. Carilah anggota keluarga, teman, atau rekan kerja Anda yang tampak bahagia dengan hidupnya. Habiskanlah waktu dengan mereka.

    • Bergaullah dengan orang-orang yang mendukung Anda, bersifat positif, dan memperkaya kehidupan Anda. Misalnya kalau Anda punya teman yang selalu mendorong Anda mencoba hal baru, sering-seringlah bergaul dengan orang itu.
    • Bergaullah dengan orang-orang semacam ini secara rutin. Sebagai contoh, apabila dekat kantor Anda ada dua kafe, kunjungilah kafe yang penjaganya lebih ramah.
  4. Cari pekerjaan baru. Pekerjaan memakan waktu yang signifikan bagi kebanyakan orang. Banyak juga orang yang merasa kurang puas dengan pekerjaan yang sedang dijalani. Kadang Anda akan merasa pekerjaan Anda membosankan, membuat stres, atau kelewat melelahkan. Jika mungkin dan kalau Anda menganggap pekerjaan Anda berakibat buruk pada kebahagiaan Anda, carilah karier baru.

    • Buatlah daftar prioritas Anda. Apa yang paling penting dalam suatu karier: gaji? Jam kerja yang fleksibel? Tim yang positif?
    • Luangkan waktu untuk mengetahui dengan persis apa yang ingin Anda lakukan. Lalu buatlah suatu rencana aksi. Kalau Anda merasa hidup Anda terkendali di bagian ini, Anda akan merasa lebih bahagia setiap hari.
  5. Cobalah aktivitas baru. Bisa jadi Anda merasa kurang bahagia karena bosan dengan rutinitas kehidupan. Biasanya sulit untuk merasa bersemangat ketika sedang bosan. Dengan mencoba hal baru secara teratur, Anda akan mengurangi kebosanan dan meningkatkan kebahagiaan. Selain itu, Anda juga akan menemukan hal-hal baru yang Anda nikmati.

    • Kalau Anda ingin belajar tenis, daftarlah les tenis. Dengan demikian, Anda bukan hanya mencoba suatu hal baru, namun juga belajar sesuatu yang baru. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa belajar berkaitan erat dengan kebahagiaan yang meningkat.
    • Jika Anda senang membaca, ikutilah klub buku di sekitar Anda. Anda akan membaca buku baru yang sebenarnya mungkin takkan Anda beli. Anda juga akan menemukan orang-orang dengan ketertarikan yang mirip dengan Anda.
  6. Lakukan kebiasaan sehat. Kesehatan fisik berhubungan erat dengan kesehatan mental Anda. Agar kebahagiaan Anda meningkat, lakukanlah kebiasaan sehat dalam keseharian Anda. Berolahraga, misalnya. Berolahraga dapat membuat Anda merasa lebih bahagia.

    • Olahraga melepaskan hormon endorfin yang membuat Anda merasa senang. Cobalah berolahraga selama setidaknya 30 menit beberapa hari setiap minggu.
    • Anda dapat memecah sesi olahraga menjadi kecil-kecil. Berjalan kaki selama 10 menit dapat meningkatkan rasa bahagia Anda. Saat istirahat makan siang, pergilah berjalan kaki.
    • Tidurlah yang cukup. Banyak orang yang akan merasa kurang enak badan atau lemas kalau kurang tidur. Cobalah tidur 7 hingga 8 jam setiap malam.
  7.  Tambahkan makanan baru ke dalam daftar makanan Anda. Cokelat dapat menimbulkan rasa bahagia. Penelitian menunjukkan bahwa di dalam cokelat terdapat berbagai zat kimia yang dapat mengaktifkan pusat-pusat rasa bahagia di dalam otak. Misalnya, feniletilamina dalam cokelat dijuluki sebagai "obat cinta" karena dapat memproduksi perasaan seakan-akan sedang berada di dekat orang yang Anda cintai.

    • Makanlah sedikit saja cokelat hitam setiap hari. 1 ons (30 gram) cukup.
    • Makanlah kerang. Kerang kaya akan kandungan vitamin B12 yang menyingkirkan rasa depresi. Makanan lain yang banyak mengandung vitamin B12 adalah daging ikan salmon dan daging sapi.
    • Makanlah kenari. Kenari mengandung asam linolenat yang juga dapat menghilangkan rasa depresi. Makanlah kenari bersamaan dengan makan pagi atau buatlah selai kenari untuk dioles di roti.
  8. Tingkatkan kontak fisik. Terdapat hubungan yang erat antara sentuhan dan perasaan. Semakin sering Anda menyentuh (atau disentuh) orang lain, Anda akan merasa semakin aman dan bahagia. Kalau Anda berada dalam suatu hubungan, tingkatkan frekuensi memeluk pasangan Anda. Lakukanlah setidaknya 10 pelukan setiap hari. Kalian berdua akan merasa lebih bahagia.

    • Bercintalah lebih sering. Seks, sebagaimana aktivitas fisik lainnya, melepaskan endorfin. Anda pun akan merasa lebih dekat dengan pasangan.
    • Apabila Anda sedang tidak berada dalam hubungan romantis, Anda tetap dapat meningkatkan frekuensi kontak fisik dalam hubungan Anda. Misalnya, bersalamanlah ketika Anda diperkenalkan dengan orang atau ketika ada rekan kerja yang baru saja menyukseskan suatu proyek.
  9. Pelihara binatang. Binatang peliharaan seperti anjing atau kucing dapat membuat Anda bahagia. Orang yang memelihara binatang biasanya lebih jarang depresi dan gelisah. Binatang peliharaan juga akan membuat Anda lebih sering tertawa.

    • Pilihlah binatang yang sesuai dengan gaya hidup Anda. Kalau Anda tinggal di apartemen kecil, peliharalah kucing atau anjing kecil.
    • Adopsilah binatang dari tempat pemeliharaan binatang jalanan. Anda akan merasa senang karena Anda membantu makhluk lain yang sedang kesulitan.

rumah adat papua

Mau | Bahagia | Setiap | Hari? |

Copyright @2015