Kamis, 07 September 2017 09:42 WIB

Jokowi: Sampai Sekarang Saya Tidak Punya Kartu Kredit

 Jokowi: Sampai Sekarang Saya Tidak Punya Kartu Kredit
Presiden Jokowi

SR28JAMBINEWS.COM - Hal ini disampaikan Jokowi saat orasi ilmiah di acara Dies Natalis ke-54 Institut Pertanian Bogor (IPB), Bogor, Jawa Barat, Rabu (6/9/2017).

Pernyataan tersebut dalam konteks cepatnya perubahan yang terjadi di dunia, seperti dari sisi sistem pembayaran. Di mana yang tadinya melalui cara tunai menjadi lewat kartu.

"Yang berkaitan dengan pembayaran dalam kehidupan sehari-hari kita. Saya kira masih 90% kita membayar segala sesuatu dengan uang cash. Mungkin ada 10% dari masyarakat kita yang sudah memakai kartu kredit. Saya sampaikan apa adanya, dari dulu sampai sekarang saya enggak pernah pegang yang namanya kartu kredit," ujar Jokowi.

Tapi, saat ini kartu kredit malah sudah ketinggalan zaman. Orang sudah banyak yang menggunakan sistem bayar PayPal hingga menggunakan smartphone.

"Ini sudah ketinggalan lagi, kartu kredit sudah enggak dipakai. Sudah ada PayPal. PayPal dilindas lagi karena perubahan yang sangat cepat oleh yang namanya Alipay. Sekarang kita kalau beli apa-apa pasti datang ke kita, karena ini tidak bisa kita hambat dan tolak. Membayar dengan smartphone. Kita beli apa, kita tunjukkan ke mereka, dengan tik tik tik tik tik, duit kita di bank hilang," jelasnya.

Perubahan ini, kata Jokowi tidak bisa dihambat. Justru masyarakat yang sekarang harus bisa menciptakan inovasi lebih cepat dari lainnya agar tidak ketinggalan.

"5-10 tahun lagi landscape politik global, nasional, daerah juga akan berubah. Karena pengaruh generasi W, Y, anak-anak muda nanti yang akan mempengaruhi semuanya. Landscape ekonomi global akan berubah, ekonomi nasional akan berubah, lokal juga akan berubah," jelasnya.

"10 tahun lagi anak-anak muda muda mungkin tidak mau buka koran lagi, sudah tidak akan mau lihat TV lagi. Mereka akan klik online. Mereka mau minta apa sudah ada semuanya. Mau minta film apa, video apa, semuanya kayak Netfix sekarang. Semuanya ada di situ. Ini yang akan berubah landscape ekonomi berubah landscape politik. Ini yang harus kita sadari. Perubahan itu sangat cepat," tambahnya. 

Source: Detikcom

Jokowi: | Sampai | Sekarang | Saya |

Copyright @2015