Rabu, 13 September 2017 14:53 WIB

FKUB Sarolangun Gelar Aksi Damai Untuk Rohingya

SAROLANGUN(SR28) - Kekerasan, pembunuhan fan pemerkosaan yang tejadi di rohinghya,sangat menggugah rasa kemanusiaan dan kondisi ini juga mematik Aksi damai gabungan organisasi mahasiswa ,dan juga perwakilan dari pemuka agama,organisasi kepemuda KNPI dan PWS di Sarolangun.

Aksi damai dan orasi dari FKUB berlangasung silih berganti,dan aksi damai untuk rohinghya juga mengumpulkan donasi dari penguna jalan,dan juga donasi dari para pemuka agama di sarolangun.

"Aksi ini merupakan murni demi kemanusiaan,dan bentuk kepedulian kami dari sarolangun,dan kami sangat mengutuk keras pembantaian yang di alami oleh kaum muslim yang ada di rahkine" jelas ketua KNPI Sarolangun JB Martin.

Sikap yang sama juga di tunjukan oleh forum kerukunan umat beragama (FKUB) sarolangun,yang sama sama mengutuk tidakan biadab pemerintah Myanmar yang terkesan tutup mata dengan kejadian genosida di sana.

"Ini sikap bersama kami,bahwa kami sangat peduli dengan kejadian genosida yang di alami oleh warga Rohinghya,ini kejadian kemanusiaan daan kami berharap segera berakhir"tegas Pendeta Manurung.

Pernyataan keras juga di sampaikan oleh pemuka agama Budha di sarolangun, Pandita Muda landung Sudarwo,dengan tegas mengatakan bahwa kejadian pembantaian,dan pembunuhan yang terjadi di Myanmar dan di lakukan oleh umat Budha,tidak layak lagi do sebut sebagai negara Budhist.

"Negara myanmar tidak layak di sebut sebagai negara Budhist,sebab pembantaian dan pembunuhan,yang melanggar hak hak asasi manusia tidak memcerminkan agama Budhist yang menganut cibta kasih secara universal"tegasnya.

Bahkan para Bhiku yang melakukan pembunuhan sudah gugur gelar Bhikunya dan tidak layak memimpin umat.

"Dalam ajaran kami ada pancasila yang menjadi dasar kehidupan sehari hari sementara para Bhiku memiliki 127 winaya,jangankan membunuh manusia membunuh semut yang juga mahluk hidup saja tidak boleh"tandasnya.

Sementara itu Kyai Rois Amin memimpin doa bersama,dan pengumpulan donasi terkumpul sebanyak Rp 10.040.000,dan langsung di kirim melalui rekening MER-C,bahkan aksi damai  di simpang ancol juga di kawal ketat oleh polres sarolangun dan TNI.

Reporter: Bule | Redaktur: Agus Sholihin Abar

FKUB | Sarolangun | Gelar | Aksi |

Copyright @2015